Peringatan Hari Kopi Internasional, Kopi Sumatera Utara Primadona Dunia

MEDAN, KabarMedan.com | Untuk memperingati Hari Kopi Internasional yang jatuh pada 1 Oktober, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara bersama Dewan Kopi Indonesia Sumatera Utara mengadakan kegiatan pada Selasa (25/10/2022).

Dalam kegiatan yang digelar di kantor Disbun Sumut di Jalan AH Nasution, Pangkalan Mashyur, Medan, akan diadakan pembagian kopi gratis sebanyak 1.000 cup. Serangkaian acara menarik lain juga sudah disiapkan panitia acara.

“Selain pembagian 1.000 cup kopi gratis, diadakan juga pameran kopi, pembagian bibit kopi, lelang kopi Sumatera Utara dan talk show,” kata Ketua DeKopi Sumut, Ujiana Sianturi.

Dijelaskan Ujiana, acara bertema Innovation, Collaboration & Sustainable ini dimaksudkan untuk mengenalkan lebih lanjut kopi asal Sumatera Utara, arabika dan robusta.

Baca Juga:  Dukung Anti Korupsi, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Gelar Penyuluhan Awareness Tindak Pidana Korupsi dan Kecurangan

“Kopi Sumut sejak lama sudah menjadi komoditi unggulan dan menjadi primadona penikmat kopi di luar negeri, karenanya prestasi ini harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi,” tambah Ujiana.

Tak dipungkiri, katanya lagi, sejumlah permasalahan di bidang kopi ini ditemukan di sektor hulu seperti perubahan iklim dan hama penyakit yang menyerang tanaman kopi berimbas kepada angka produksi Kopi Indonesia secara keseluruhan.

Untuk itu, sebagai pihak yang berkoordinasi dengan pemerintah lewat instansi terkait, Dewan Kopi Indonesia, baik di pusat maupun di sejumlah daerah, terus melakukan pemetaan permasalahan dan berupaya mencarikan solusinya untuk membantu petani kopi.

Baca Juga:  Idul Adha 1445 Hijriah, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Salurkan 127 Hewan Kurban

Kadis Perkebunan Sumatera Utara, Lies Handayani Siregar mengatakan, pihaknya sebagai partner DeKopi Sumut mendukung penyelenggaraan acara ini. “Sekarang ini kolaborasi dengan sejumlah pihak dibutuhkan untuk mempercepat pekerjaan,” katanya.

Tak lupa Lies Handayani mengundang masyarakat umum di sekitar kantornya untuk meramaikan acara ini, apalagi sudah disiapkan pembagian kopi gratis sebanyak 1.000 gelas.[KM-04]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.