Presiden Jokowi: Listrik, Bandara, dan Ringroad Jadi Proritas di Nias

NIAS, KabarMedan.com | Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Pulau Nias, Jumat (19/8/2016). Pada kunjungan kerjanya, Presiden Jokowi juga didampingi sejumlah pejabat negara antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menkumham Yassona H Laoli, Gubsu Tengku Erry Nuradi, anggota DPD RI Parlindungan Purba, anggota DPR RI Maruarar Sirait, Marinus Gea, Kapolda Sumut Irjen Pol Raden Budi Winarso, dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewyk Pusung.

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Binaka Gunungsitoli, Jumat (19/8/2016) sekira pukul 11.37 WIB. Kedatangan Jokowi dan rombongan disambut oleh para kepala daerah di lima kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias.

Setelah beristirahat kurang lebih setengah jam di ruang VIP Bandara Binaka Gunungsitoli, Jokowi dan rombongan selanjutnya menuju Kota Gunungsitoli untuk melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Jami’ Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli.

Selesai melaksanakan Sholat Jum’at di Mesjid Jami Ilir, Presiden Jokowi kemudian menuju Pendopo Kabupaten Nias untuk melakukan pertemuan dengan seluruh pimpinan daerah, Ketua DPRD. dan Forkopimda se-Kepulauan Nias.

Pada pertemuan tersebut, Presiden Jokowi berjanji bahwa pada tahun 2018, Bandara Binaka Gunungsitoli akan diperpanjang menjadi 2.800 meter. Selain itu Jokowi akan memprioritaskan penambahan daya listrik di Pulau Nias, dimana daya saat ini 27 MW akan ditambah sebesar 25 MW dengan membangun PLTGB yang sedang dilaksanakan tahun ini. Sedangkan pada tahun 2017 akan dilakukan lagi penambahan daya listrik sebesar 26 MW.

Baca Juga:  Idul Adha 1445 Hijriah, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Salurkan 127 Hewan Kurban

Sementara mengenai pembangunan jalan lingkar Nias (ringroad) yang masih tertinggal 45 KM, Presiden Jokowi berjanji pembangunannya akan dilanjutkan pada tahun 2017. Namun terkait harapan masyarakat Kepulauan Nias tentang pemekaran Provinsi, Jokowi belum bisa berjanji karena moratorium pemekaran daerah otonomi baru tetap dipertahankan.

Baca Juga:  Dukung Anti Korupsi, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Gelar Penyuluhan Awareness Tindak Pidana Korupsi dan Kecurangan

Setelah melakukan pertemuan di Pendopo Kabupaten Nias, Presiden Jokowi usai makan siang di Restaurant Grand Kartika menyempatkan diri blusukan menemui ratusan warga yang berada di belakang Komplek Pasar Beringin Gunungsitoli.

Kunjungan Jokowi dan rombongan dilanjutkan dengan meninjau lokasi PLTD dan Pembanguan PLTGB di Desa Dahana, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi guna melihat dari dekat sejauh mana penanganan masalah kelistrikan di Kepulauan Nias.

Presiden dan ibu Iriana Jokowi bersama rombongan kemudian kembali ke Kota Gunungsitoli untuk istirahat di Hotel Kaliki. Rencananya Presiden Jokowi dan rombongan akan meninggalkan Pulau Nias, Sabtu pagi (20/8/2016) menuju Sibolga. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.