Ratusan Rumah di Kota Medan Terendam Banjir Akibat Hujan Deras

MEDAN, KabarMedan.com | Banjir melanda Kota Medan usai diguyur hujan deras sejak Rabu malam (17/8/2022) hingga Kamis (18/8/2022). Akibatnya ratusan rumah terendam banjir.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan sejumlah kecamatan terendam banjir. Seperti Medan Maimun, Medan Sunggal, Medan Selayang, Medan Johor, Medan Sunggal, Medan Baru, Medan Labuhan, Medan Polonia, Medan Helvetia, dan Medan Petisah.

“Ketinggian banjir di setiap kecamatan bervariasi 50 hingga 100 cm. Penyebabnya karena intensitas hujan yang cukup tinggi di Kota Medan maupun Deli Serdang,” kata Kepala BPBD Kota Medan, M Husni, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga:  KAI Divre I Sumut Mohon Maaf Atas Kejadian KA Siantar Ekspress (U80F) Yang Anjlok di Petak Jalan Antara Dolok Merangir - Siantar

Husni menambahkan, sejumlah ruas jalan dilaporkan terendam banjir. Kini, BPBD Kota Medan telah mendirikan posko banjir.

“Datanya sudah saya sampaikan. Artinya sudah terkendali dan kami sudah mendirikan posko,” ungkapnya.

Posko-posko itu berada di Kecamatan Medan Selayang, Medan Petisah, Medan Johor, dan Medan Labuhan.

“Posko di empat kecamatan dengan posko induk di Gedung Dharma Wanita. Evakuasi sudah kami lakukan sejak jam 3 pagi. Kami menyiapkan posko baik itu dari musala dan masjid,” jelasnya.

Baca Juga:  OJK dan Rumah BUMN Medan Perkuat Kolaborasi Melalui Edukasi Keuangan

Untuk mengantisipasi banjir di kawasan Medan Belawan, BPBD Kota Medan telah menyiapkan karung berisi pasir agar menahan luapan air dari tanggul Sungai Deli.

“Belawan masih normal. Namun kami antisipasi dan siaga karena luapan terakhir untuk tanggul-tanggul dalam bentuk karung-karung pasir sudah kami kirim,” ujar Husni.

BPBD Kota Medan saat ini masih terus melakukan pendataan terhadap rumah yang terdampak banjir. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.