RSI Pasang Pipa Saluran Pembuangan Air Antisipasi Banjir di Areal Persawahan

SERDANG BEDAGAI, KabarMedan.com | Guna mencegah terjadinya banjir di areal persawahan di dua Desa di Kabupaten Serdang Bedagai. RSI (Regal Springs Indonesia) membantu pemasangan pipa saluran pembuangan air.

Community Affairs Manager Regal Springs Indonesia, Agam Junaidi Sinaga mengatakan, pemasangan pipa horizontal yang dilakukan pihak RSI dalam rangka mencegah terjadinya banjir sekitar areal persawahan milik warga.

“Pemassangan pipa ini nantinya dapat mencegah banjir di areal persawahan milik warga di Desa Nagakisar dan Desa Nagalawan,” katanya, Jumat (9/9/2022).

Dijelaskannya, kegiatan pemasangan pipa kerjasama RSI dengan Pedoman Pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Desa Naga Kisar dan Desa Sei Nagalawan, Kabupaten Serdang Bedagai.

Baca Juga:  Mulai 1 Oktober 2023, KA Lokal Siantar Ekspres Melayani 4 Perjalanan Setiap Hari

“Dukungan ini adalah salah satu upaya perusahaan untuk dapat berkontribusi terhadap aktivitas produktif masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan, seperti pertanian,” ucap Agam.

Kata dia, RSI secara berkesinambungan terus melakukan pembersihan saluran air areal persawahan warga dengan membuang tumbuhan yang dapat membuat penyempitan saluran air, seperti tumbuhan eceng gondok dan tumbuhan lainnya.

“Pembersihan tumbuhan disekitar saluran air dilakukan setiap 2 bulan sekali agar air mengalir ke persawahan petani,” papar dia.

Baca Juga:  Mulai 1 Oktober 2023, KA Lokal Siantar Ekspres Melayani 4 Perjalanan Setiap Hari

Terpisah, Camat Pantai Cermin, Muhammad Hidayat Tambunan mengucapkan terima kasih kepada pihak RSI yang telah memberikan kontribusi dalam mendukung perekonomian petani dan ketahanan pangan dengan melakukan pemasangan pipa saluran pembuangan air sekitar areal persawahan di Desa Nagakisar.

“Pemasangan pipa tersebut, nantinya banjir dapat dicegah sehingga hasil pertanian dapat meningkat,” pungkasnya.[KM-04]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.