Sah Jadi Wali Kota Medan, Akhyar Nasution Dilantik 6 Hari Sebelum Habis Masa Jabatan

MEDAN, KabarMedan.com | Akhyar Nasution akhirnya resmi dilantik menjadi Wali Kota Medan definitif setelah selama ini menjalani peran sebagai Plt Wali Kota Medan. Ia dilantik di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas  Gubernur Sumatera Utara, Kamis (11/2/2021).

Pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan Akhyar dipandu langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Setelahnya, Akhyar diminta untuk menandatangani pakta integritas selaku Wali Kota Medan.

Hal yang paling banyak menarik perhatian adalah masa jabatan Akhyar Nasution sebagai Wali Kota yang hanya tinggal beberapa hari saja. Akhyar sebagai Wakil Wali Kota bersama dengan Wali Kota Medan yang sebelumnya telah secara resmi diberhentikan akibat tersandung kasus korupsi, Dzulmi Eldin dilantik pada tanggal 17 Februari 2016. Artinya, Akhyar Nasution menjalani masa jabatannya sebagai Wali Kota Medan secara definitif selama 6 hari terhitung setelah pelantikan.

Baca Juga:  Saling Sentil Bobby Nasution - Edy Rahmayadi Soal Hutang Dana Bagi Hasil Pajak

“Insya Allah dalam 6 hari ke depan saya menjabat sebagai Wali Kota, saya akan terus menjaga Kota Medan,” ujar Akhyar Nasution setelah dilantik.

Akan mengakhiri jabatannya di tanggal 17 Februari 2021 nanti, Akhyar meminta kepada masyarakat Kota Medan untuk memanfaatkan hal yang telah ia buat selama menjadi Pemerintah Kota Medan. Ia juga meminta maaf atas pekerjaan yang mungkin belum bisa diterima.

Baca Juga:  Fraksi PDIP Sentil LPJ Pelaksanaan Anggaran Edy Rahmayadi: Normatif dan Gak Nyambung!

“Sudah banyak yang kami lakukan, manfaatkanlah apa yang sudah kami lakukan. Tapi kalau masih ada kekurangan dan tidak berkenan, kami memohon maaf,” katanya.

Sebelumnya, DPRD Kota Medan melakukan rapat paripurna pemberhentian Dzulmi Eldin sebagai Wali Kota Medan Periode 2016-2021 yang resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak bulan Oktober 2019 lalu, Senin (26/1/2021). Ketua DPRD Kota Medan mengatakan bahwa SK dari Kemendagri terkait hal tersebut sebenarnya sudah terbit sejak Oktober 2020, namun baru diterima oleh pihaknya pada Januari 2021. [KM-06]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.
KabarMedan.com adalah media digital independen terintegrasi terkemuka di Kota Medan yang merupakan Kota terbesar ke-3 di Indonesia, dan diakses oleh rata-rata 100.000++ visitor perhari dengan jumlah tampilan laman perhari rata-rata 1,6 juta pageviews. KabarMedan.com juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai media terverifikasi dari Dewan Pers Indonesia, sehingga layak dipercaya oleh publik dan memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai sumber informasi. Untuk pemasangan iklan/advertorial/media partner silahkan menghubungi kami via WhatsApp 0819613506 pada jam kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 17.00 WIB.