Terima Fasilitas di Masa Pandemi, HMI Sumut Nilai DPRD Tak Paham Tupoksi

MEDAN, KabarMedan.com | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara hari ini menerima laptop yang disebut-sebut untuk membantu pertemuan melalui jaringan telekomunikasi.

Pengadaan laptop tersebut disinyalir berbentuk pinjam pakai yang dilengkapi dengan surat perjanjian serah terima. Namun hal tersebut tetap menjadi sorotan lantaran kondisi pandemi Covid-19 yang tidak mudah bagi masyarakat.

Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara (Sumut) menyoroti kinerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut. DPRD Sumut dianggap tidak mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

“Mulai dilantik pada September 2019 lalu, hingga saat ini, pimpinan DPRD tidak bekerja secara maksimal dan tidak menjalankan tugas pokok dan fungsinya,” kata Ketua Umum HMI Sumut M Alwi Hasbi Silalahi, di Medan, Rabu (06/01/2020).

DPRD Sumut saat ini tidak mampu membawa DPRD memperlihatkan keterwakilan mereka atas rakyat. Hal itu dilihat dari banyaknya anggota yang tidak hadir saat rapat DPRD berlangsung.

“Sering kali kita lihat banyaknya anggota DPRD yang tidak hadir saat rapat, padahal itu penting untuk menyuarakan segala keluh-kesah rakyat. Disini kita perlu evaluasi pimpinan-nya, bagaimana proses mereka mengajak para anggota untuk rapat,” katanya.

Selain itu, disaat pandemi virus Covid-19 ini, Hasbi menilai DPRD Sumut juga acap kali menggelar kegiatan-kegiatan yang memungkinkan untuk menimbulkan keramaian dan klaster baru, mulai dari kegiatan reses hingga pada kegiatan Rapat Kerja di daerah zona hijau virus Covid-19.

“Disaat msyarakat diharuskan untuk menghindari keramaian dan menjalankan prokes Covid-19 tapi anggota DPRD kita selalu melaksanakan kegiatan yang memungkinkan untuk terjadinya keramaian dan kluster baru, seperti Reses II pada Mei 2020 lalu dan Raker di daerah zona hijau pada September 2020 lalu,” terangnya.

Pembagian fasilitas laptop kepada seluruh anggota DPRD Sumatera Utara, kata Hasbi cenderung berlebihan. Menurutnya, masyarakat Sumut saat ini dalam keadaan ekonomi susah akibat dari pandemi Covid-19.

“Saat ini kita dilanda pandemi, dampaknya pada segala lini termasuk ekonomi masyarakat Sumut yang semakin melemah, namun disaat ini juga semua anggota DPRD Sumut menerima laptop baru. Kalau hanya untuk mendukung pertemuan virtual atau zoom mitting saya pikir terlalu dibuat-buat alasannya,” terangnya. [KM-06]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.
KabarMedan.com adalah media digital independen terintegrasi terkemuka di Kota Medan yang merupakan Kota terbesar ke-3 di Indonesia, dan diakses oleh rata-rata 100.000++ visitor perhari dengan jumlah tampilan laman perhari rata-rata 1,6 juta pageviews. KabarMedan.com juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai media terverifikasi dari Dewan Pers Indonesia, sehingga layak dipercaya oleh publik dan memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai sumber informasi. Untuk pemasangan iklan/advertorial/media partner silahkan menghubungi kami via WhatsApp 0819613506 pada jam kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 17.00 WIB.