Wagubsu Dorong Pemko Sibolga Bangun Museum Sejarah

Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi berphoto bersama Walokita Sibolga HM Syarfi Hutauruk dan SKPD Kota Sibolga dalam acara acara Pesta Rakyat dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Sibolga ke 315 yang berlangsung di halaman Kantor Camat Sibolga Kota, Jl. Masjid, Sibolga Square, Selasa (17/3/2015).

SIBOLGA, KabarMedan.com | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga membangun museum sejarah konfrenhensif yang menyimpan berbagai benda pusaka, artefak, literatur dan berbagai peninggalan sejarah Kota Sibolga.

Harapan tersebut disampaikan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi dalam acara Pesta Rakyat dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Sibolga ke 315 yang berlangsung di halaman Kantor Camat Sibolga Kota, Jl. Masjid, Sibolga Square, Selasa (17/3/2015) malam.

Hadir dalam acara tersebut Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk, Plt Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) H Syukran J Tanjung SE, Staff Ahli Gubernur Sumut Ir Riadil Akhyar Lubis, SKPD Sibolga dan Tapteng, Dan Lanal Sibolga Letkol Laut (P) I Gusti Putu Ngurah Sedana, pimpinan dan anggota DPRD Sibolga, tokoh agama, pemuka masyarakat dan tokoh pemuda.

Dalam kesempatan tersebut, Erry menyatakan banyak hal positif sejak 315 tahun lalu yang layak ditauladani, diantara budaya gotong royong, kebersamaan, tidak membedakan membedakan kelompok, golongan, pandangan politik, etnis, suku dan agama.

“Selain itu banyak benda-benda peninggalan para pendiri Kota Sibolga yang menyimpan sejarah. Benda-benda itu sangat bermanfaat bagi generasi mendatang agar mengetahui sejarah berdirinya Kota Sibolga dari masa ke masa,” ujar Erry.

Dengan usia 315 tahun, Kota Sibolga jauh lebih tua dari umur NKRI yang masih berusia 69 tahun. Kota Sibolga salah satu kota tertua di Indonesia.

“Bapak Walikota Sibolga merupakan tokoh nasional karena telah 3 periode menjabat anggota DPR RI. Dengan modal itu, saya yakin Pemko Sibolga dapat merangkul pemerintah pusat untuk membantu pembangunan Museum Sejarah Sibolga,” sebut Erry optimis.

Dalam kesempatan tersebut, Erry juga mendorong Pemko Sibolga terus melakukan terobosan baru dalam pengembangan wilayah dan menggenjot laju pembangunan demi tercapainya masyarakat sejahtera.

“Sudah saatnya Pemko Sibolga menjadi kota pesisir termaju di Sumatera Utara dengan mengembangkan 4 program prioritas pembangunan yakni pembangunan infrastruktur, maritim, energi dan pangan. Dengan acuan itu, mari kita canangkan program Sibolga Kota Pesisir Terbaik dalam 5 tahun kedepan,” imbau Erry.

Sementara Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk mengatakan, Pesta Rakyat yang berlangsung di halaman Kantor Camat Sibolga Kota merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Kota Sibolga ke 315.

Selain menggelar Pesta Rakyat, Pemko Sibolga juga menggelar sejumlah kegiatan perlombaan ditingkat kecamatan hingga kelurahan, diantaranya pertandingan bola volley dan sepakbola antar klub.

“Puncak peringatan Hari Jadi Kota Sibolga akan berlangsung pada 2 April 2015 mendatang di Lapangan Simaremare. Pada puncak Hari Jadi nantinya, akandigelart pameran pembangunan yang diikuti sejumlah Kabupaten/Kota di Sumut, perwakilan Provinsi Aceh bahkan perwakilann dari Sumatera Barat,” jelas Syarfi.

Pada puncak Hari Jadi Sibolga nantinya, segenap unsur Pemkab Sibolga juga akan jiarah ke makam pendiri Kota Sibolga, Tuanku Dorong Hutagalung dan menggelar rapat paripurna DPRD Kota Sibolga.

“Dua kegiatan itu sudah menjadi budaya dalam pemperingati Hari Jadi Kota Sibolga dari tahun ke tahun. Jiarah ke makam pendiri Kota Sibolga dimaksudkan untuk mengenang jasa Tuanku Dorong yang telah berjasa membangun Kota Sibolga di masa lalu,” jelas Syarfi.

Namun Syarfi juga menyatakan kesedihannya karena peringatan Hari Jadi Kota Sibolga tidak lagi dimeriahkan lomba renang pantai terbuka 10 kilomter dan triathlon yang selalu diikuti atlet lokal, nasional bahkan perenang asal Malaysia dan Singapura.

“Panitia tidak menggelar lomba renang dan triathlon tahun ini. Pertimbangannya, pihak panitia sebelumnya menduga pelaksanaan Pilkada akan berlangsung pada Mei 2015. Panitia tidak mau mengganggu konsentrasi pelaksanaan pesta demokrasi di Sibolga. Ternyata Pilkada digelar pada akhir Desember 2015 mendatang, serentak dengan 23 Kabupaten/Kota di Sumut,” papar Syarfi.

Kendati demikian, Syarfi mengimbau masyarakat Sibolga jangan bersedih, karena malam puncak Hari Jadi Kota Sibolga 2 April 2015 mendatang akan dimeriahkan oleh sejumlah artis ibukota. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.