Wagubsu : Langkat Adalah Kabupaten Energi di Sumut

Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi didampingi Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu dan Ketua DPRD Terbit Rencana Peranginangin menyerahkan cenderamata kepada keluarga sejumlah mantan pejabat Kabupaten Langkat usai Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Kabupaten Langkat ke 265 yang berlangsung di Gedung DPRD Langkat, Stabat, Sabtu (17/1/2015).

KABAR MEDAN | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menyatakan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat karena dinilai sukses menggerakkan roda pemerintahan dan pembangunan dengan baik dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Salah satu nilai tambah Kabupaten Langkat bagi Sumut adalah penyumbang energi listrik.

Apresiasi tersebut disampaikan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi dalam Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Kabupaten Langkat ke 265 yang berlangsung di Gedung DPRD Langkat, Stabat, Sabtu (17/1/2015). Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Kabupaten Langkat ke 265 dipimpin ketua DPRD Langkat Terbit Rencana Peranginangin.

Hadir dalam acara itu Bupati Langkat H Ngongesa Sitepu, Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin, seluruh anggota DPRD, Tuan Guru Babusalam Syekh H Hasyim Al Syarwani, KH Amiruddin MS, Kapolres Langkat AKBP Dwi Asmoro,  Dandim 0203/Lkt Lektol Inf Agusman Heri, Abdul Djalil Rahmadsyah Al-Hajj, Danyon Raider/100 Letkol. Inf. Sapta Feryansyah, Danyon 8 Marinir Letkol Marinir Ena Sulaksana, Danyon Arhanud Letkol Arh. Kenny Kristiadi, Dandenma A Brimob Binjai AKBP Budi Satrio, Sultan Langkat Tuanku Azwar Aziz . Prof.Dr Djohar Arifin, sejumlah tokoh masyarakat, perwakilan etnis dan tokoh agama.

Dalam kesempatan itu, Erry menyatakan, Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH dinilai sukses menggerakkan roda pemerintahan dan pembangunan seperti yang diharapkan.

”Walau kita menyadari, beberapa program yang telah dicanangkan belum tercapai maksimal. Untuk itu, segenap elemen masyarakat di Langkat mari bergandengan tangan merealisasi harapan yang telah dicanangkan,” ajak Erry.

Lebih lanjut Erry menyatakan, momentum Hari Jadi Kabupaten Langkat ke 265 hendaknya menjadi semangat baru bagi seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan dan pelayanan prima.

“Usia Kabupaten Langkat makin dewasa. Seiring dengan itu, program Pemerintah Kabupaten juga harus tepat guna, tepat sasaran demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Begitu juga dengan pelayanannya,” harap Erry.

Erry juga menyatakan rasa bangga dengan potensi Kabupaten Langkat bidang kelistrikan dengan keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pangkalan Susu dengan kapasitas 2 x 200 Megawatt. Keberadaan PLTU tersebut diharapkan mampu membawa Sumut keluar dari devisit daya listrik.

“Pembangunan PLTU Pangkalan Susu dengan kapasitas 200 MW saat ini telah memasuki tahap akhir. Dari dua mesin, untuk sementara, Unit 1 telah mampu menghasilkan 100 Megawaat atau 50 persen dari daya semestinya 200 Megawatt. Sedangkan Unit 2 telah menyuplay 170 Megawatt. Kita berharap PLTU Pangkalan Susu segera berfungsi maksimal mengingat Sumut sangat membutuh daya listrik,” jelas Erry.

Selain itu, Pangkalan Brandan, Langkat, merupakan tambang minyak bumi pertama di Indonesia. Kabupaten Langkat diyakini masih memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang kini belum diekplorasi secara maksimal.

”Wajar jika saya sebut Langkat itu adalah Kabupaten Energy karena memiliki sejumlah potensi Sumber Daya Alam strategis yang tidak dimiliki Kabupaten lain di Sumut. Untuk itu, kita berharap Pemerintah Kabupaten menggali lebih jeli lagi potensi yang belum dimanfaatkan secara maksimal,” harap Erry.

Erry juga mengajak Pemkab Langkat untuk melihat potensi keberadaan pipa gas PT. Arun yang melintasi sejumlah wilayah Langkat. Keberadaan pipa gas tersebut dinilai berpotensi sebagai dasar pertimbangan pembangunan kawasan industri secara nasional di Kabupaten Langkat.

”Pipa gas dari Arun menuju Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke juga melintasi Kabupaten Langkat. Ini juga salah satu potensi untuk mengembangkan industri yang menggunakan energi gas di Langkat,” ujar Erry.

Dengan segala potensi tersebut, Erry mengajak seluruh masyarakat langkat untuk menyiapkan diri dengan keilmuan dan keahlian, agar potensi yang dimiliki dapat diekplorasi dan dieksploitasi demi kesejahteraan masyarakat.

”Era Masyarakat Ekonomi Asean sudah di depan mata. Mari bekali diri dengan berbagai keahlian. Jika tidak, kita akan menjadi penonton. Akibatnya, era Masyakarat Ekonomi Asean tidak memberikan manfaat apa bagi masyarakat kita,” ajak Erry.

Sementara Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH mengatakan, roda pembangunan di Langkat berjalan dengan baik berkat kerjasama harmonis dan bersinergi dengan seluruh unsur dan elemen masyarakat.

”Kebersamaan yang telah terjalin selama ini menjadi spirit untuk tetap meneguhkan persatuan, merekatkan persaudaraan, menggalang solidaritas dan kepedulian,” sebut Ngongesa.

Dalam kesempatan itu, Ngogesa juga menyatakan rasa prihatin kepada ribuan warga yang terkena dampak banjir kiriman di sejumlah kawasan di Langkat.

”Momentum Hari Jadi Langkat kali ini, mari kita bangun rasa empati kepada saudara kita yang rumahnya terkana banjir,” sebut Ngogesa.

Ketua DPRD  Langkat, Terbit Rencana Peranginangin menyatakan terima kasih atas dukungan seluruh pihak yang telah berbuat dan berpartisipasi serta berperan aktif bagi kemajuan dan pembangunan Kabupaten Langkat.

”Hari Jadi Kabupaten Langkat merupakan momentum dalam meningkatkan kepedulian kepada sesama. Lebih dari itu, ini juga momentum untuk bekerja lebih keras demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Langkat,” ujar Peranginangin.

Menurut sejarah, Langkat didirikan oleh keturunan leluhur Dinasti Dewa Syahdan hingga berlanjut ke Raja Kahar yang membuka perkampungan di Kota Dalam antara Stabat dan Hinai. Itu sesuai dengan tradisi masyarakat setempat yang membangun perkampungan pada 12 Rabiul Awal, bertepatan tanggal 17 Januari 1750.

Penetapan Hari Jadi Kabupaten Langkat merupakan hasil seminar Tim Pemkab Langkat bekerjasama dengan sejumlah tokoh masyarakat dan pakar dari jurusan sejarah Fakultas Sastra USU pada 20 Juli 2004.

Diakhir acara, Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi didampingi Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu dan Ketua DPRD Terbit Rencana Peranginangin menyerahkan cenderamata kepada keluarga mantan Bupati Langkat, mantan Wakil Bupati, mantan Ketua DPRD Langkat, mantan Wakil Bupati, mantan Sekretaris Daerah dan sejumlah keluarga pejuang kemerdekaan. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.