Kasus Positif COVID-19 di Serdang Bedagai Kembali Bertambah

SERDANG BEDAGAI, KabarMedan.com | Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali bertambah. Setelah sebelumnya 4 orang dinyatakan positif, kini seorang pria berusia 29 tahun, dinyatakan positif COVID-19 sesuai dengan hasil test tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang disampaikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penganan COVID-19 Kabupaten Sergai, Rabu (03/06/2020)

Juru Bicara Gugus Tugas Sergai, Akmal
mengatakan, pria positif COVID-19 ini menetap dan bekerja di Medan. Dari kronologisnya, pada tanggal 20-21 Mei, korban merasa seperti masuk angin dan demam.

Lalu esoknya tanggal 22, karena yang bersangkutan merasa sudah baikan, ia pulang ke kediamannya.

Namun tanggal 24 Mei, ia kembali mengeluhkan sesak nafas dan memutuskan pergi ke RS Melati Perbaungan untuk berobat.

Baca Juga:  Pemkab Sergai Gelar HLM Pengendalian Inflasi, Bahas Deflasi dan Program Subsidi BBM

Oleh pihak RS Melati, dianjurkan tindakan rontgen, akan tetapi dikarenakan saat itu hari libur Lebaran, korban disarankan datang keesokan harinya untuk memeriksakan diri sekaligus ikut rapid test.

“Tanggal 25, ia menjalani rapid test dan hasilnya reaktif sehingga ditetapkan sebagai ODP”, terang Akmal.

Akmal melanjutkan, informasi tersebut lalu diteruskan ke Kadis Kesehatan dan kemudian dilakukan pengambilan sampel swab yang dilaksanakan oleh tim dari Puskesmas Melati yang terdiri dari Dokter Analis, Petugas Surveilans Puskesmas serta Bidan Desa.

“Preparat atau sampel swab segera ditransfer ke RSU USU untuk ditindaklanjuti dan korban lalu diarahkan untuk menjalankan isolasi mandiri, hingga akhirnya, Rabu 03 Juni 2020 dirilis hasil tes menyatakan korban positif Covid,” ungkapnya.

Baca Juga:  Baru Dilantik, KORMI Diharapkan Dapat Mengembangkan Olahraga di Sergai

Selain itu, Akmal menyebut jika Ibu korban berinisial juga sudah menjalani prosedur PCR test dan hasilnya negatif

” Merespons kejadian ini, Tim Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan melaksanakan serangkaian prosedur preventif sesuai dengan mekanisme yang berlaku untuk memastikan tidak ada penyebaran virus terkhusus di sekitaran kediaman korban. Saat ini korban dengan inisial tersebut telah dirawat isolasi di RS GL Tobing Tanjung Merawa Medan. Kepada warga Sergai kami tetap mengimbau agar secara disiplin menjalankan protokol kesehatan. Kesungguhan kita menentukan keberhasilan bersama menyelesaikan tantangan pandemi ini,” pungkasnya.[KM-04]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.