Akhyar Bantah Hendak Pukul Panwas: Ini Merugikan Saya Sebagai Paslon

MEDAN, KabarMedan.com | Akhyar Nasution hari ini memenuhi panggilan dari Sentra Gakkumdu (Penegakkan Hukum Terpadu) atas laporan upaya menghalang-halangi wewenang petugas Panwascam, Minggu (1/11/2020).

Atas peristiwa tersebut, Akhyar mengatakan bahwa tidak ada kejadian apapun malam itu yang menyangkut upaya menghalang-halangi tugas Panwascam.

“Selasa malam lalu nggak ada apa-apa sebenarnya. Karena saya diundang oleh Bawaslu saya hormati panggilan tersebut. Ketika ditanya apa kejadian malam itu, ya nggak ada kejadian apa-apa. Benar, itu keterangan saya di situ,”

Calon Wali Kota nomor urut satu tersebut menampik laporan yang menyatakan tindak pemukulan oleh dirinya kepada Ketua Panwas Medan Deli, Faisal Haris. Akhyar juga mengatakan bahwa acara tersebut diadakan di kampung kelahirannya, tempat ia tumbuh semasa kecil.

“Tidak ada (upaya pemukulan). Jadi pada saat itu, selesai acara saya keluar. Itu kan di kampung saya, tempat kelahiran saya, tempat saya main-main. Itu keluarga saya semua. Jadi ketika pulang, saya ambil kereta. Naik kereta, di sebelah lah. Ya saya pulang. Cuma ketika mau lewat masih padat jalan, saya tengok aja. Oh mungkin inilah ketua Panwas itu, mungkin, saya nggak kenal sama dia. Saya nggak ada ngomong apa-apa,” katanya.

Ia menilai pemberitaan tersebut merupakan informasi yang tidak benar sehingga pihaknya juga menyampaikan keberatan kepada Bawaslu.

“Nggak ada ngomong apa-apa. Nggak ada gerakan apa-apa. Jadi itu berita bohong yang menyesatkan. Dan kami juga keberatan kepada Bawaslu,” tutur Akhyar.

Akhyar menyayangkan tindakan Faisal Haris yang sudah terlebih dahulu memberikan statement ke media massa sebelum laporan ditindak lanjuti. Menurutnya hal tersebut sangat merugikan dirinya sebagai Calon Wali Kota yang bertarung di Pilkada 2020 tanggal 9 Desember nanti.

“Sebelum di-clearkan masalahnya, mengapa dia sudah ngomong ke media massa? Dan itu sangat merugikan saya sebagai paslon. Sangat merugikan saya sebagai paslon. Kami juga keberatan, orang nggak ada kejadian apa-apa. Kok katanya saya mau mukul dia, darimana saya mau mukul dia. Sayapun nggak kenal orangnya yang mana,” terangnya.

“Dan itu berita bohong dan itu fitnah yang sangat keji menimpa saya,” sambungnya.

Akhyar juga mengonfirmasi bahwa tidak ada upaya pengusiran Panwascam diacara tanggal 27 Oktober lalu. Ia kembali menegaskan bahwa acara tersebut bukan bentuk kampanye, melainkan acara keluarga yang dilakukan rutin setiap tahunnya.

“Siapa yang diusir? Nggak ada yang diusir? Setahu saya nggak ada. Acara itupun nggak sampai satu jam dan acara itu adalah acara keluargaku, pengukuhan Paguyuban Pejuang Legiman. Aku itu secara tutur cucunya Legiman. Kan itu acara keluarga. Yang setiap tahun memang acara itu dilakukan,” pungkas Akhyar.

Atas keberatan laporan yang ia anggap merugikan dirinya tersebut, Akhyar menyebutkan bahwa pihaknya memiliki rencana melaporkan balik pihak Panwas.

“Nanti ada rencana,” tutup Akhyar. [KM-06]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.