AirAsia Resmi Konfirmasi QZ 8501 Hilang Kontak

KABAR MEDAN | Dalam laman Facebook resminya, AirAsia mengkonfirmasi bahwa penerbangan QZ 85o1 dari Surabaya ke Singapore telah kehilangan kontak dengan ATC (Air Traffic Control) pada pukul 07.24 WIB pagi ini, Minggu (28/12/2014).

Penerbangan AirAsia QZ 8501 lepas landas dari Bandara Internasional Juanda, di Surabaya pada pukul 05.35 WIB.  Pesawat yang hilang kontak seri Airbus A320-200 dengan nomor registrasi PK-AXC.

Seperti dikutip dari laman Facebook AirAsia, ada 162 orang penumpang dalam penerbangan tersebut, terdiri dari 138 orang dewasa, 16 anak-anak, dan 1 bayi, serta 7 orang crew terdiri dari 2 pilot, 4 pramugari dan 1 teknisi dalam penerbangan tersebut.

Baca Juga:  33 Tersangka Diamankan Selama Operasi Antik Toba di Sergai Bersama Sabu 46,82 Gram dan Ganja 2,6 Kg Lebih

Kebangsaan penumpang dan awak pesawat, yaitu : 155 WN Indonesia, 1 WN Singapura, 1 WN Malaysia, 1 WN Prancis, dan 3 WN Korea Selatan.

Dalam keterangan resminya, AirAsia menyatakan pada saat ini, operasi pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan dibawah koordinasi dari Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia. AirAsia Indonesia bekerja sama secara penuh dan membantu penyelidikan dalam setiap cara yang mungkin.

Baca Juga:  Kecelakaan Kerja di PT Aqua Farm Nusantara, Perusahaan Beri Dukungan Penuh kepada Korban

Pesawat yang hilang kontak itu dalam komunikasi kepada ATC, meminta penyimpangan rute karena cuaca yang kurang baik, sebelum akhirnya komunikasi dengan pesawat itu hilang.

Pesawat tersebut terakhir kali menjalani perawatan terjadwal terakhir pada 16 November 2014. Di laman Faceboook resminya, AirAsia pun telah memasang foto profile logo mereka dengan background abu-abu sebagai tanda berduka atas pesawat mereka yang kehilangan kontak. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.