BBPOM Medan Temukan Kemasan Makanan Rusak dan Kadaluarsa Di Beberapa Pusat Perbelanjaan

KABAR MEDAN | Menjelang Lebaran, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan masih  menemukan makanan rusak dan kadaluarsa di beberapa distributor dan pusat perbelanjaan yang ada di Sumut.

“Temuan ini berdasarkan beberapa kali sidak kita beberapa pusat perbelanjaan dan distributor yaitu, 11 Juni, 25 Juni dan 15 Juli 2014. Kita menemukan  puluhan pangan yang kemasannya rusak, kemasan penyok, kadaluarsa dan tanpa izin edar. Jika diuangkan penyitaan itu  berjumlah Rp. 1.146 ribu lebih dan Rp. 2.629 ribu lebih,” kata Kepala BPOM Medan, Ali Bata Harahap, Rabu (23/7/2014).

Baca Juga:  Diduga Menipu, Direktur PT Anta Solusi Adikarya Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Dijelaskannya, pihaknya juga telah melakukan pengujian terhadap panganan berbuka puasa sebanyak 50 sampel di beberapa tempat di Kota Medan. “Setelah kita uji tidak ditemukan adanya bahan berbahaya yang terkandung dalam panganan berbuka puasa itu,” katanya.

Pihaknya juga telah mengeluarkan surat edaran kepada setiap pelaku usaha perihal pengawasan makanan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 H.

Baca Juga:  Diduga Menipu, Direktur PT Anta Solusi Adikarya Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

“Dalam surat edaran itu dijelaskan para pengusaha untuk tidak menjual pangan tanpa izin edar, pangan kadaluarsa, pangan dengan kemasan rusak dan pangan yang dapat merusak kesehatan,” katanya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.