Cegah ISIS, Kodam Awasi Terpidana Teroris di Sumut

Pangdam I/BB, Mayjen Istu Hari

KABAR MEDAN | Kodam I/BB akan  mengawasi terpidana teroris yang ada di lapas dan rutan di Sumut. Hal ini dilakukan guna mencegah masuknya jaringan dan paham ISIS ke Sumatera Utara.

Demikian dikatakan Pangdam I/BB, Mayjen Istu Hari usai rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Sumut, Jumat (15/8/2014).

Ia mengaku, pihaknya belum mendeteksi kehadiran gerakan ISIS di Sumatera Utara. Namun,  ia tetap  mengharapkan agar  seluruh lapisan masyarakat ikut mengawasi gerakan ini.

Baca Juga:  Darma Wijaya Tinjau dan Santuni Korban Kebakaran di Tanjung Beringin: Hati-hati Bahaya Korsleting Listrik

“Pencegahan ini mulai dari mengaktifkan siskamling. Karena kalau ini ditegakkan dan dijalankan maka tidak akan ada ruang gerakan radikal di wilayah Kodam 1 Bukit Barisan,” jelasnya.

Disinggung,  sejumlah terpidana teroris yang ada di sejumlah lapas di Sumut, ia mengaku pihaknya masih tetap melakukan pengawasan terhadap napi teroris itu.

“Pengawasan itu melibatkan perangkat yang ada milik Kodam dan juga bekerjasama dengan Polri serta Kejaksaan. Pengawasan ini dilakukan karena khawatir terpidana teroris ini akan menjadi sasaran untuk mengembangkan jaringan ini di daerah,” katanya.

Baca Juga:  Darma Wijaya Tinjau dan Santuni Korban Kebakaran di Tanjung Beringin: Hati-hati Bahaya Korsleting Listrik

Namun, sampai saat ini pihaknya memastikan jaringan ISIS ini belum sampai mengarah ke napi teroris di Sumut.

“Kehadiran ISIS belum menjadi ancaman bagi wilayah Kodam I/BB.  Gerakan ini tetap akan menjadi atensi bagi Kodam, ” ujarnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.