Di HUT ke-434 Medan, Tokopedia dan ShopTokopedia membagikan rekomendasi brand asal Medan

MEDAN, KabarMedan.com | Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-434 Medan pada hari ini (01/07), Tokopedia dan ShopTokopedia memberikan rekomendasi brand asal Medan untuk mengajak masyarakat makin bangga menggunakan produk dari UMKM lokal.

Berbagai produk dari brand lokal, termasuk yang berasal dari Medan, bisa ditemukan dengan mudah, cepat, dan terjangkau melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia maupun ShopTokopedia.

“Tokopedia dan ShopTokopedia terdiri atas lebih dari 21 juta penjual, yang mayoritas UMKM Indonesia, termasuk yang berasal dari Medan. Untuk membantu pelaku usaha lokal meningkatkan awareness dan penjualan, serta membuat masyarakat makin mudah menemukan dan bangga memakai produk dari UMKM, kami membuat etalase khusus, yaitu Beli Lokal,” kata Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Antonia Adega.

Berkat Beli Lokal, transaksi Tokopedia dan ShopTokopedia meningkat berkat kampanye Beli Lokal di Tokopedia, terdapat sejumlah produk yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi, yaitu popok, hampers atau parcel, aksesoris kamera, pakaian muslim anak (baju koko, gamis), dan pakaian muslim pria (baju koko, celana sarung), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 7 kali lipat (sumber: Tokopedia, Semester I 2024 dibandingkan Semester II 2023).

Di sisi lain, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia, antara lain parfum, deodoran, hijab, cuka, dan suplemen kesehatan, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 3 kali lipat (sumber: ShopTokopedia, Maret-Mei 2024 dibandingkan Maret-Mei 2023).

“Di usia ke-434 ini, Medan patut berbangga karena memiliki sederet brand lokal yang menyedikan berbagai produk kebutuhan sehari-hari. Membeli dan memakai produk dari UMKM lokal bisa meningkatkan perekonomian dan pembangunan daerah, serta membantu brand lokal meraja di negeri sendiri,” jelas Antonia.

Baca Juga:  Selama Libur Sekolah, KAI Divre I Sumut Berangkatkan Lebih Dari 146 Ribu Penumpang

Suasana rumah lebih seru dengan furnitur dan wewangian baru untuk mempercantik dan memberikan suasana baru di rumah, masyarakat bisa mendapatkan produk rumah tangga dari brand lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia asal Medan, seperti Brewsuniq (akun toko di Tokopedia) dan Olfactory Candle (akun toko/produk di Tokopedia dan ShopTokopedia).

Brewsuniq menjual beragam furnitur, seperti kursi, meja, karpet, piring, hingga sarung bantal, untuk memberikan suasana baru di rumah. Sedangkan Olfactory Candle menyediakan beragam produk lilin aromaterapi atau scented candle dan reed diffuser yang cocok untuk menyegarkan rumah.

Masyarakat yang sedang mencari produk fashion, seperti pakaian atau alas kaki, bisa mengunjungi brand lokal yang berasal dari Medan di Tokopedia dan ShopTokopedia, seperti Grata Atelier Indonesia (akun toko/produk di Tokopedia dan ShopTokopedia) dan Gio Saverino (akun toko/produk di Tokopedia dan ShopTokopedia).

Grata Atelier Indonesia menjual berbagai produk fashion wanita, mulai dari atasan, bawahan, dress, tas, dan aksesoris. Sedangkan Gio Saverino menyediakan beragam alas kaki untuk wanita, pria, maupun anak, seperti flat shoes, sneakers, high heels, sandal, dan masih banyak lagi.

Kopi merupakan produk minuman yang cenderung digemari masyarakat Indonesia. Bagi pecinta kopi, banyak sekali brand lokal asal Medan yang menyediakannya, misal Hanata Coffee (akun toko di Tokopedia) dan The Coffeenatics (akun toko/produk di Tokopedia dan ShopTokopedia).

Hanata Coffee menyediakan pilihan biji kopi arabika dan robusto dari berbagai wilayah di Indonesia, serta drip bag coffee. Di sisi lain, selain menjual berbagai macam biji kopi, The Coffeenatics menyediakan beragam peralatan atau perlengkapan menyeduh kopi bahkan merchandise, seperti kaos dan jaket.

Baca Juga:  Lakukan Pelanggaran, M. Ali Yusuf Siregar Terancam Pidana dan Pembatalan Cakada

Untuk memenuhi kebutuhan akan produk kesehatan, masyarakat bisa menemukan brand lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia yang berdomisili di Medan, contohnya Kebun Efi (akun toko/produk di Tokopedia dan ShopTokopedia) dan Dollarnest Official (akun toko di Tokopedia).

Kebun Efi adalah brand lokal yang memproduksi produk kesehatan alami, seperti madu, propolis hingga immune booster dan vitamin, untuk menunjang kesehatan. Sedangkan Dollarnest Official menghadirkan minuman sarang burung walet yang 100 persen natural dan mempunyai banyak manfaat, misalnya meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi gangguan pencernaan, menjaga kesehatan kulit dan tulang.

Ada sejumlah brand lokal dari Medan yang bisa membantu para orang tua untuk memenuhi kebutuhan bayi atau anak. Misalnya, Athena Baby Shop (akun toko di Tokopedia) dan Coconi Baby Official Indonesia (akun toko/produk di Tokopedia dan ShopTokopedia).

Athena Baby Shop menyediakan berbagai produk kebutuhan bayi dan anak dari sederet brand ternama seperti makanan bayi, botol minum bayi, alat pemanas makanan bayi dan lain-lain. Sedangkan Coconi Baby Official Indonesia menghadirkan berbagai produk keperluan bayi dan anak, seperti bib, diaper bag, alat makan dan minum bayi, serta masih banyak lagi.

“Masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan produk-produk lokal dari brand asal Medan di Tokopedia dan ShopTokopedia melalui halaman kampanye Beli Lokal. Kampanye ini ditujukan untuk membantu brand lokal dari berbagai wilayah di Indonesia termasuk Medan meningkatkan eksposur serta penjualan. Beli Lokal bisa ditemukan di platform Tokopedia maupun ShopTokopedia,” tutup Antonia. [KM-09]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.