Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 5.000 Meter

MEDAN, KabarMedan.com | Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi, Senin (10/8/2020). Tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 5.000 meter.

“Abu vulkanik teramati berwarna kelabu ke arah timur dan tenggara,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Armen Putra

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga). Masyarakat dan wisatawan diimbau tidak melakukan aktivitas yang berdekatan dengan Gunung Sinabung.

“Pada desa-desa yang sudah direlokasi, lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor Timur-Utara,” ujarnya.

Baca Juga:  KAI Divre I Kembali Layani Kepulangan Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu dengan Kereta Api Menuju Rantauprapat

Masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Selain itu, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” ungkapnya.

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” pungkasnya.

Baca Juga:  BPS Sosialisasikan Indikator Makro Sumut Semester I 2024

Gunung Sinabung kembali menunjukkan aktivitasnya dalam tiga hari terakhir. Pada Sabtu (8/8/2020) sekitar pukul 01.58 Wib, Gunung Sinabung erupsi dengan ketinggian kolom abu sekitar 2.000 meter dan sore harinya erupsi kembali terjadi dengan ketinggian abu sekitar 1.000 meter. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.