Kak Seto : Pengungsian Ramah Anak Harus Jadi Gerakan Nasional

[Kabarmedan.com] – Psikologi sekaligus aktivis anak,  Seto Mulyadi atau Kak Seto  menyatakan, posko pengungsian yang ramah anak harus menjadi gerakan Nasional disetiap posko pengungsian di Indonesia termasuk pengungsi Erupsi Gunung Sinabung.

” Posko pengungsian yang ramah anak harus menjadi perhatian dalam perkembangan prilaku psikologis anak dipengungsian. Ini dilakukan guna menghindari bentuk kekerasan terhadap anak,” ujarnya dalam jumpa pers Kolaborasi Kemanusian untuk Sinabung di posko Islamic Center, Desa Sumber, Kabupaten Karo, Jalan Jamin Ginting, Minggu ( 9/2/2014) kemarin.

Baca Juga:  Perpres Tentang Publisher Rights Segera Disahkan

Dikatakannya, jika anak-anak korban Erupsi Gunung Sinabung mengalami kekerasan, maka hanya akan dapat diobati dengan melakukan treatment psikologis anak, seperti mendongeng. Ini dapat dilakukan untuk mengembalikan kesahatan jiwa sianak.

” Perlindungan anak harus menjadi yang paling utama dalam kawasan pengungsian dan daerah bencana, baik orang tua, elemen masyarakat dan pemerintah. Saya sangat khawatir terhadap perkembangan anak dipengungsian ini, perubahan mental, dan kepribadian, serta karakter anak jika dibiarkan akan merusak psikologinya. Untuk itu saya berharap kita semua peduli dengan perkembangan mereka,” tutupnya.[KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.