Kambing Hutan Korban Sinabung Jadi Koleksi Medan Zoo

KABAR MEDAN| Kambing Endemik Pulau Sumatera (Capricornis Sumatraensis) yang tewas akibat erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo,menjadi pajangan di kebun binatang Medan Zoo.

Hewan berwarna kehitaman yang tewas ini diawetkan dan dipajang didalam kantor Medan Zoo untuk kepentingan koleksi dan penelitian.

Kambing Hutan ini satu-satunya koleksi Medan Zoo, karena mereka tidak memiliki koleksi hidup hewan yang terancam punah ini.

Baca Juga:  Kecelakaan Kerja di PT Aqua Farm Nusantara, Perusahaan Beri Dukungan Penuh kepada Korban

“Dulu waktu tiba di sini kondisinya sudah sekarat, beberapa menit kemudian mati. setelah dibedah, ternyata banyak endapan debu vulkanik di dalam saluran pernapasannya,” kata Kepala Unit Medan Zoo, Zainal Akbar Nasution,Jumat Kamis (2/1/2015).

Diketahi, saat erupsi Gunung Sinabung September tahun lalu, banyak hewan yang turun ke pemukiman masyarakat di antaranya sepasang kambing hutan.

Baca Juga:  Upaya Mitigasi dan Penyelidikan Dilakukan Pasca Kecelakaan Kerja di PT Aqua Farm Nusantara

Kambing yang berjenis kelamin betina tewas saat dievakuasi warga, sedang yang jantan masih hidup namun kondisinya kritis. Hewan itu langsung dilarikan ke Medan Zoo dengan diangkut mobil pick up untuk mendapat pertolongan tim dokter hewan. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.