Komplotan Perampok Berkelewang Digulung Polisi

MEDAN, KabarMedan.com | Empat dari dua belas tersangka komplotan perampokan dengan senjata tajam diamankan unit reskrim Polsek Medan Barat. Keempat tersangka yang diamankan adalah, Ilham Januar alias Dedek (28), Octa Briansyah (19), Rizki alias Kiki (19), Ahmad Rivaldi (19). Dari keempat tersangka, polisi mengamankan satu bilah klewang bergagang besi dan 4 unit sepeda motor berbagai merek.

“Keempat tersangka kita amankan berkat kerja sama tim yang melakukan hunting razia¬† ‘PSMS’ (Pagi, Siang, Malam dan Subuh),” kata Kapolsek Medan Barat, Kompol Siswandi, Rabu (4/2/2015) sore.

Diungkapkannya, penangkapan tersangka bermula dari laporan korban Gustiawan Pratama (22), warga Jalan Mukhtar Basri, Gang Suratman, Kelurahan Glugur Darat, Kecamatan Medan Timur.

Dimana, korban saat itu mengendarai sepeda motor Honda Beat BK 6967 AEB, melintas di Jalan Yos Sudarso, tepatnya di depan swalayan Maju Bersama pada Sabtu (31/1/2015).

Baca Juga:  Rektor UMTS Dukung Usia Pensiun Polisi Jadi 60 Tahun

Mendapat laporan korban, pihaknya lalu melakukan penyidikan beberapa saat dan menangkap empat dari dua belas tersangka saat hendak menjalankan aksinya di depan Maju Bersama, Jalan Yos Sudarso saat sedang menunggu mangsanya

“Dalam melakukan aksinya, para tersangka ini tidak segan-segan untuk melukai bahkan membunuh korbannya jika melawan. Modus yang digunakan para tersangka ini adalah dengan memepet dan menendang sepeda motor korbannya. Setelah korban jatuh, para pelaku kemudian melarikan sepeda motor itu,” jelasnya.

Dari pengakuannya, para tersangka ini telah empat kali melakukan aksi perampokan di wilayah hukum Polsek Medan Barat.

“Para tersangka melakukan aksinya di Jalan Merak Jingga, Jalan Yos Sudarso dan Jembatan Layang Brayan. Tersangka juga melakukan perampokan di wilayah Polsek Medan Baru sebanyak 4 kali, wilayah Polsek Helvetia sebanyak 1 kali, wilayah Polsek Sunggal 7 kali, wilayah Polsek Medan Timur 3 kali, wilayah Polsek Medan Area 3 kali dan beberapa wilayah Polsek di jajaran Polresta Medan,”katanya.

Baca Juga:  Kurang dari 25 Menit Pelaku Pencurian Sekaligus Pembunuhan Berhasil Dibekuk Polisi

Diungkapkannya, para tersangka ini telah melakukan aksinya sejak November 2014 lalu.

“Jadi sudah 20 unit sepeda motor yang berhasil mereka rampok,” katanya.

Dikatakannya, saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap delapan rekan tersangka yaitu Haris, Wahyu, Jaka, Bayu, Willi, Vikram, Yogi dan Acong. Kita juga melakukan pengejaran terhadap penadah sepeda motor hasil rampokan itu.

“Para tersangka itu akan kita kenakan pasal 365 dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara,” pungkasnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.