KPU Sumatera Utara Siap Laksanakan Pilkada 2020

Ilustrasi pilkada Foto: Embong Salampessy/Antara

MEDAN, KabarMedan.com | KPUD Sumut menyatakan siap melaksanakan pilkada di 23 kabupaten/kota secara serentak pada 9 Desember 2020.

Demikian dikatakan Ketua KPUD Sumut Herdensi Adnin dalam rapat koordinasi kesiapan pilkada di Sumut, di Hotel Grand Aston, Medan, Jumat (3/7/2020).

“Perlu kami sampaikan bahwa Sumut sudah siap melaksanakan pilkada, baik dari sisi anggaran, infrastruktur penyelenggaraan. Insya Allah pelaksanaan pilkada berjalan dengan baik,” katanya.

Pihaknya juga telah melantik badan adhoc dan sudah menjalankan tugasnya. Begitu juga terkait verifikasi faktual berkas lingkungan dan calon perseorangan.

Baca Juga:  Pengungkapan Narkoba di Perairan Asahan, 1 Pelaku Ditangkap dan 24 Kg Sabu Asal Malaysia Disita

Bahkan untuk petugasnya, katanya, sudah dilakukan rapid test untuk memastikan pelaksanaan Pilkada 2020 secara ketat mengikuti protokol kesehatan.

“Tanggal 8 hingga 14 Juli akan dilakukan rapid test sekitar 19 ribu petugas pemutakhiran data di 23 kabupaten/kota. Ini komitmen KPU sekaligus meyakinkan publik bahwa pelaksanaan pilkada di Sumut bisa dilaksanakan dengan aman, jujur dan sehat,” katanya.

Ketua Komisi 2 DPR RI, Ahmad Dolly Kurnia Tandjung, menyambut baik kegiatan yang diinisiasi Kemendagri ini. Selain di Sumut, dalam seminggu ke depan juga akan dilakukan di beberapa provinsi lainnya.

Baca Juga:  Lakukan Pelanggaran, M. Ali Yusuf Siregar Terancam Pidana dan Pembatalan Cakada

“Ini menunjukkan pemerintah dan kita semua sangat serius mempersiapkan pilkada serentak dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Menurutnya, selama ini ada perdebatan apakah bisa melakukan pelaksanaan pilkada 2020 di tengah pandemi COVID-19.

“Jika kita lihat dari pertemuan kordinasi teknis ini kita optimis dan dengan pernyataan gubernur, KPUD, Bawaslu bahwa semuanya siap, jadi tidak ada lagi nanti hal tekinis yang menjadi alasan tidak siap,” pungkasnya. [KM-05]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.