Mahasiswa Punya Tanggung Jawab Tanamkan Nilai Pancasila ke Masyarakat

Ketua Badko HMI Sumut, M. Alwi Hasbi Silalahi.

MEDAN, KabarMedan.com | Salah satu dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yaitu Pancasila diperingati hari lahirnya oleh seluruh anak bangsa setiap 1 Juni.

Ketua Umum Badko HMI Sumut M. Alwi Hasbi Silalahi menekan,mahasiswa memiliki tanggung jawab besar untuk mensosialisasikan serta menanamkan nilai Pancasila ke masyarakat.

“Mahasiswa adalah kelompok masyarakat intelektual yang memiliki kemampuan dalam menanamkan nilai Pancasila ke masyarakat luas. Jadi mahasiswa punya tanggung jawab besar untuk mensosialisasikan, bukan lagi menerima sosialisasi,” katanya, Senin (1/6/2020).

Baca Juga:  Pengungkapan Narkoba di Perairan Asahan, 1 Pelaku Ditangkap dan 24 Kg Sabu Asal Malaysia Disita

“Saya sangat yakin bahwa mahasiswa telah mendapatkan pembekalan yang sangat cukup atas nilai Pancasila, baik itu dari organisasi yang ia geluti maupun dari mata kuliah wajib,” katanya.

Alwi menjelaskan, sosialisasi atau penanaman nilai Pancasila ke masyarakat luas oleh mahasiswa akan lebih efektif.

“Pemikiran dan gerakan mahasiswa itu lebih kreatif dan mampu lebih beradaptasi kepada berbagai lapisan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:  Selama Libur Sekolah, KAI Divre I Sumut Berangkatkan Lebih Dari 146 Ribu Penumpang

Untuk itu, Alwi meminta kepada lembaga negara yang memiliki tanggung jawab dalam penanaman nilai Pancasila harus melibatkan mahasiswa dalam menjalankan program-programnya.

“Seperti BPIP dan DPD RI, ke depan harapannya lembaga tersebut banyak melibatkan mahasiswa di setiap agenda sosialisasi Pancasila,” pungkasnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.