Manajemen Luruskan soal Kehadiran Bobby Nasution saat Medan Zoo Dibuka Kembali

MEDAN, KabarMedan.com | Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo kembali setelah sempat tutup demi mencegah penyebaran COVID-19, Minggu (5/7/2020).

Saat dibuka kembali untuk pengunjung, menantu Presiden RI Jokowi, Bobby Nasution tampak hadir. Sementara itu, Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution dikabarkan tidak hadir.

Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Medan, Putrama Al Khairy mengatakan, kedatangannya Bobby adalah kebetulan.

Pasalnya, dalam pembukaan Medan Zoo, pihaknya tidak mengundang pejabat-pejabat di Kota Medan. Pembukaan itu dilakukan secara sederhana.

“Tentang mengundang resmi pak Wali, kami tidak membuat acara pembukaan secara resmi. Hanya simbolis saya buka atas nama Dirut Pembangunan, maka pengunjung masuk seperti biasa dengan mematuhi protokol kesehatan,” katanya, Senin (6/7).

Namun demikian, pihaknya sudah mengirimkan surat resmi ke Wali Kota dan Badan Pengawas bahwa Medan Zoo akan dibuka kembali dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Iya beliau (Bobby) juga berencana mau menjadi bapak angkat salah satu satwa Medan Zoo. Pihak Bobby akan merundingkan dengan keluarga karena juga termasuk pencinta satwa,” ujarnya.

Baca Juga:  Sanggar Belajar Umi Yati Gelar Rangkaian Acara Meriahkan 1 Muharram 1446 Hijriah

Ia mengatakan, tim Bobby beberapa kali membantu pakan satwa saat Medan Zoo ditutup. Mereka juga bertanya kapan Medan Zoo dibuka.

“Kami menyampaikan sedang menyiapkan persyaratan protokol kesehatan karena ketiadaan biaya maka berharap juga pada bantuan, ada tempat cuci tangan pakai sabun dari Bank Sumut dan lainnya,” ungkapnya.

Tim Bobby lalu menawarkan untuk ikut membantu. Oleh pihak manajemen Medan Zoo dimintakan tempat cuci tangan dan masker plastik untuk petugas. Pihak manajemen Medan Zoo lalu mengatakan nanti saat pembukaan agar Bobby datang.

“Itu kami utarakan kepada semua penyumbang. Makanya tim Bobby menyanggupi dan pada saat datang akan memberikan website agar dapat maksimal mensosialisasikan Medan Zoo. Website itu masih simbolis,” jelasnya.

Kepala Urusan Kesehatan Hewan dan Konservasi Medan Zoo, drh. Sucitrawan mengatakan, hari pertama dibukanya kembali Medan Zoo
tercatat jumlah pengunjung masih di angka 560 orang.

Baca Juga:  Sanggar Belajar Umi Yati Gelar Rangkaian Acara Meriahkan 1 Muharram 1446 Hijriah

Angka tersebut dinilai sudah cukup lumayan mengingat sejak akhir Maret ditutup untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Ia mengatakan, setiap pengunjung yang masuk harus mengikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan diperiksa suhu tubuhnya.

Pengunjung yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat tidak diperbolehkan masuk. Pengunjung juga harus menjaga jarak dan tidak boleh berkerumun.

“Pantauan di lapangan mengenai protokol kesehatan di Medan Zoo lumayan baik,” cetusnya.

Medan Zoo, katanya, menjadi sarana rekreasi bagi masyarakat setelah lama terbatas pergerakannya karena pandemi COVID-19.

Sehingga saat Medan Zoo dibuka, maka banyak masyarakat yang berkunjung bersama dengan keluarganya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Mereka duduk-duduk dan makan bareng. Membawa anak-anaknya main. Pengunjung harus ada standar minimal pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan lainnya,” pungkasnya. [KM-05]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.