Medan Zoo Dibuka 5 Juli, Pengunjung Gratis Masuk Selama Masa Uji Coba

MEDAN, KabarMedan.com | Sempat ditutup guna mencegah penyebaran COVID-19, Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo, di Simalingkar B akan dibuka, Minggu (5/7/2020).

Selama empat hari sebelum resmi dibuka, Medan Zoo akan melakukan uji coba penerapan new normal dan pengunjung masuk secara gratis.

“Hari ini kita memulai protokol kesehatan. Pengunjung free masuk. Ada proses uji coba dalam operasional Medan Zoo dengan cara new normal,” kata Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Medan, Putrama Al Khairy, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga:  Lakukan Pelanggaran, M. Ali Yusuf Siregar Terancam Pidana dan Pembatalan Cakada

Dalam pelaksanaan new normal, pihak telah menyiapkan sarana, seperti tempat cuci tangan dengan sabun, alat pengukur suhu badan.

Pihaknya juga mewajibkan pegawai dan pengunjung untuk menggunakan masker, menyiapkan hand sanitizer, menjaga jarak.  Ia mengatakan, petugas akan membubarkan kerumunan pengunjung di lingkungan Medan Zoo.

“Medan Zoo ini luasnya 30 hektare. Jika (yang berkerumun) disebarkan, tidak akan berdesak-desakan,” katanya.

Ia mengaku, pada Sabtu dan Minggu pengunjung dapat mencapai hingga 2.500 orang. Bahkan, saat lebaran jumlahnya dapat meningkat 4 atau 5 kali per hari.

Baca Juga:  Polres Sergai Tegas Berantas Narkoba, Judi, dan Kejahatan Lainnya

Pihaknya dalam 4 hari akan mengevaluasi apakah akan ada pembatasan jumlah pengunjung atau tidak.

“Akan kita evaluasi apakah animo masyarakat besar sehingga harus dibatasi lokasi. Medan Zoo ini jauh, tiba-tiba kita batasi yang datang juga merasa kecewa. Jadi evaluasi secara bertahap,” jelasnya. [KM-05]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.