Ngaku Utusan PBB, Jenderal Palsu Ditangkap Denpom I/5 Medan

KABAR MEDAN | Detasemen Polisi Militer (Denpom) I/5 Medan menangkap tiga jenderal gadungan yang mengaku tergabung dalam Tentara Perdamaian PBB (Unifil), saat melintas di Jalan Merak Jingga.

Dari tiga orang tersebut, seorang mengaku Jenderal Besar Bintang Lima Aditya Bambang Mataram, dua Letnan Jenderal yakni Jemmy Mokodompit dan Syarifudin P Simbolon. Saat dibawa ke Mapolresta Medan, ketiganya mengenakan pakaian seragam termasuk bintang di topi masing-masing.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, saat itu personel Denpom I/5 Medan sedang menggelar razia di Jalan Merak. Karena kondisi macet, dari sebuah mobil yang kebetulan melintas, terlihat tiga ‘jenderal’.

Baca Juga:  Kurang dari 25 Menit Pelaku Pencurian Sekaligus Pembunuhan Berhasil Dibekuk Polisi

Karena curiga, petugas menghentikan laju kendaraan tersebut dan meminta ketiganya untuk menunjukkan surat-surat serta tanda pengenal. Kepada petugas, mereka mengaku jenderal yang bertugas di Bidang Perdamaian PBB (Unifil).

Dilihat dari jadwal sesuai dokumentasi ketiganya, rencana mengunjungi Gubsu, Pangdam, Kapolda bahkan sampai ke Kalimantan dan daerah lain.

“Ketiganya diamankan saat petugas kita melakukan patroli, dan melihat mobil ditumpangi tiga pria tersebut,” kata Dan Denpom I/5 Medan Letkol CPM Anggiat Napitupulu di Mapolresta Medan, Selasa (18/11/2014) sore.

Baca Juga:  Rektor UMTS Dukung Usia Pensiun Polisi Jadi 60 Tahun

Disebutkan, mereka mengamankan ketiganya dan menyerahkan ke Mapolresta Medan guna pemeriksaan lebih lanjut. “Kita lakukan sesuai prosedur, dan menyerahkannya ke pihak kepolisian untuk pemeriksaan lanjutan,” terangnya.

Kasat Reskrim Polresta Medan, Kompol Wahyu Bram menyatakan mereka masih melakukan penyelidikan. “Masih kita lidik ya,” jelasnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.