Pendaftaran Online Peserta Didik Baru SMAN dan SMKN di Sumut Gratis

MEDAN, KabarMedan.com | Pendaftaran online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sumut jenjang SMA Negeri dan SMK Negeri dimulai Selasa (26/5/2020) dan dilakukan secara bertahap.

Untuk seleksi tahun ini, panitia meniadakan sistem seleksi tatap muka yang sebelumnya dilakukan untuk jalur seleksi prestasi dalam rangka pencegahan penularan COVID-19.

“Pendaftaran sudah dimulai hari ini per pukul 17.00 WIB, sudah ada 1.321 orang pendaftar,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumut DR Arsyad Lubis, Selasa (26/5/2020).

Ia mengaku, PPDB online dilakukan untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses dan mutu layanan pendidikan.

Baca Juga:  Sanggar Belajar Umi Yati Gelar Rangkaian Acara Meriahkan 1 Muharram 1446 Hijriah

Irman mengatakan, seluruh proses pendaftaran dan seleksi gratis alias tidak dikenakan biaya. Untuk itu, dirinya mengimbau masyarakat untuk tidak mempercayai jika ada pihak yang menawarkan jasa atau menjanjikan kelulusan masuk SMA Negeri dan SMK Negeri di Sumut.

Pendaftaran PPDB online Sumut dilaksanakan melalui empat jalur, yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/ wali dan/ atau anak guru setempat dan jalur prestasi akademik dan prestasi non akademik.

Baca Juga:  Sanggar Belajar Umi Yati Gelar Rangkaian Acara Meriahkan 1 Muharram 1446 Hijriah

Pendaftaran PPDB Online bagi SMAN dan SMKN terdiri dua gelombang, yaitu pertama 26 Mei-8 Juni untuk Jalur Prestasi Akademik dan Non Akademik, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dan/atau Anak Guru, dan Jalur Afirmasi.

Gelombang kedua pada 19-27 Juni 2020 untuk Pendaftaran Peserta Khusus Jalur Zonasi .

“Jika ada siswa yang tidak lulus pada gelombang pertama, maka dia bisa kembali mencoba mendaftar di jalur zonasi,” pungkasnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.