Pengiriman 17 TKI Ilegal Digagalkan Polres Batubara

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis mengatakan, para TKI ilegal ditangkap petugas Sat Reskrim Polres Batubara di Dusun Bandar Sono, Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras. Saat itu, mereka sedang berada di rumah milik Haidir alias Khoirul. Foto : Istimewa

MEDAN, KabarMedan.com | Pengiriman 17 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal ke Malaysia yang akan diberangkatkan dengan menggunakan kapal tongkang melalui jalur tikus di perairan Selat Malaka, digagalkan Polres Batubara. Tidak ada satupun di antaranya yang merupakan warga Batubara.

Kepada wartawan Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis mengatakan, para TKI ilegal ditangkap petugas Sat Reskrim Polres Batubara di Dusun Bandar Sono, Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras. Saat itu, mereka sedang berada di rumah milik Haidir alias Khoirul.

“17 orang yang siap diberangkatkan dan tidak ada satu pun warga Batubara. Sebanyak 13 orang di antaranya dari Provinsi Jawa Timur dan selebihnya dari Aceh dan Jawa Barat,” ujarnya, Selasa (12/1/2021) siang.

Baca Juga:  Terpidana Perdagangan Orang di NTT Ditangkap Tim Intelijen Kejati Sumut

Dikatakannya, saat penggrebekan di rumah Haidir, petugas Satreskrim Polres Batubara mengamankan 19 unit ponsel dan 13 paspor serta menetapkan Haidir selaku pemilik rumah yang menampung para TKI sebagai tersangka. Begitu juga pemilik kapal tongkang, Deni, yang saat ini masih buron.

Dikatakannya, polisi juga masih memeriksa 17 orang TKI ilegal. Menurutnya, 17 orang tersebut akan diserahkan ke Dinas Sosial Batubara untuk segera dipulangkan ke daerah asalnya. “Hasil dari pemeriksaan, satu orang TKI ilegal dikenakan biaya Rp2,5 juta sampai Rp3 juta untuk menjadi TKI di Malaysia,” ujar.

Baca Juga:  Kabar Duka, Wali Kota Pematang Siantar Terpilih Asner Silalahi Meninggal Dunia

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 2, 10 dan 11, Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang. “Ancaman hukumannya di atas tiga tahun penjara,” ujarnya. [KM-05]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.
KabarMedan.com adalah media digital independen terintegrasi terkemuka di Kota Medan yang merupakan Kota terbesar ke-3 di Indonesia, dan diakses oleh rata-rata 100.000++ visitor perhari dengan jumlah tampilan laman perhari rata-rata 1,6 juta pageviews. KabarMedan.com juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai media terverifikasi dari Dewan Pers Indonesia, sehingga layak dipercaya oleh publik dan memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai sumber informasi. Untuk pemasangan iklan/advertorial/media partner silahkan menghubungi kami via WhatsApp 0819613506 pada jam kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 17.00 WIB.