Ratusan Hektare Tanaman Padi Tumbang di Serdang Bedagai, Plt Kadis Pertanian Turun ke Lokasi

SERDANG BEDAGAI,KabarMedan.com | Pelaksana tugas (Plt), Kepala Dinas Pertanian Serdang Bedagai, Dedi Iskandar, meninjau lokasi tanaman padi tumbang yang diperkirakan ratusan hektare akibat hujan dan angin kencang, di Desa Pekan Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkud Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara, Senin (11/01/2021).

Dikesempatan tersebut, Dedi yang turut didampingi Camat Teluk Mengkudu, Romian dan Kades Pekan Sialang Buah, Syahrial, mendengarkan keluhan para perani yang merugi akibat tanaman padi mereka tumbang dibantai angin kencang dan hujan deras, sehingga harus mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaiki padi yang rusak tersebut.

Salahseorang petani, Agus Sayuti mengeluhkan, hujan dan angin kencang beberapa waktu lalu mengakibatkan, ratusan hektare tanaman padi tumbang. Kondisi ini mengakibatkan petani merugi besar, di samping harus mengeluarkan kocek untuk memperbaiki, harga jualnya pun rendah.

Baca Juga:  SAMSAT Bersama Sei Rampah Terapkan Prokes Secara Ketat Dalam Pelayanan

“Beginilah kondisi kami pak, kalau bisa dibantu-dibantu la kami para petani ini, soalnya harga jual rendah karena tumbang ini, belum lagi untuk biaya mengikatnya, berapa yang harus kami keluarkan, ya kali ini memang berat la untuk kami para petani”, kata Agus.

Menanggapi hal tersebut, Plt. Kadis Pertanian, Dedi Iskandar mengungkapkan tidak ada bantuan dari Dinas terkait, selain yang mengikuti asuransi petani, kemudian Untuk menanggulangi persoalan itu pihaknya melakukan koordinasi kepada berbagai pihak.

“Kita tidak dapat melakukan pergantian dengan bibit yang baru ya, kecuali yang memang ikut asuransi petani, boleh diklaim untuk membantu. Cuma saja kita anjurkan para petani untuk menghemat pupuk terutama pada komoditasnya yang belum masuk masa panen”, kata Dedi Iskandar.

Dedi menegaskan akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menanggapi persoalan para petani terutama yang terkait dengan aliran air atau irigasi dan bendungan di perbatasan Kecamatan Teluk Mengkudu dan Perbaungan.

Baca Juga:  Menyalahgunakan Jabatan, Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara Dituntut Kurungan Penjara

“Nah kalau soal tanaman tumbang kita tidak bisa menggantinya ya, terkecuali yang punya asuransi petani, namun kita akan menjadikan ini sebagai catatan agar ke depan nanti ada solusi yang akan dicapai setelah melihat dari kondisi hari ini”, kata Dedi.

“Tapi terkait dengan aliran sungai, bendungan perbatasan ini, maka akan kita lakukan koordinasi dengan beberapa pihak nanti, termasuk BWS yang menanungi sungai, dan juga anggota Dewan di Dapil ini, agar persoalan air untuk petani tercukupi dan dapat dimanfaatkan dengan baik”, pungkasnya.[KM-04]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.
KabarMedan.com adalah media digital independen terintegrasi terkemuka di Kota Medan yang merupakan Kota terbesar ke-3 di Indonesia, dan diakses oleh rata-rata 100.000++ visitor perhari dengan jumlah tampilan laman perhari rata-rata 1,6 juta pageviews. KabarMedan.com juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai media terverifikasi dari Dewan Pers Indonesia, sehingga layak dipercaya oleh publik dan memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai sumber informasi. Untuk pemasangan iklan/advertorial/media partner silahkan menghubungi kami via WhatsApp 0819613506 pada jam kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 17.00 WIB.