Ratusan Jamaah Haji Wafat di Mina Akibat Berdesakan

MEKKAH, KabarMedan.com | Kabar duka kembali datang dari Arab Saudi saat ummat Islam dari seluruh penjuru dunia berkumpul untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji. Ratusan orang dilaporkan meninggal dunia dalam tragedi Mina yang terjadi hari ini, Kamis (24/9/2015), seperti dilansir stasiun televisi Al Jazeera.

Kementerian Pertahanan sipil Arab Saudi melalui akun twitter resminya @KSA_998, mengatakan setidaknya korban meninggal sudah mencapai 320 orang dan diperkirakan jumlahnya masih akan terus bertambah, sementara 450 jamaah haji lainnya luka-luka saat berdesak-desakan dan terinjak-injak di Mina, setelah mereka melaksanakan ibadah wukuf di Arafah.

Mayoritas korban dilarikan ke RS Mina. Namun karena daya tampung terbatas, sebagian segera dibawa ke RS Mekkah. Untuk sementara, korban tewas maupun luka diidentifikasi berasal dari Yaman dan Mesir. WNI diperkirakan sedikit yang menjadi korban, karena Jalan 204 yang menjadi tempat kejadian bukan jalur lempar jumrah untuk jamaah asal Indonesia.

Saling injak terjadi ketika ribuan jamaah menyemut di jembatan Jalan 204. Beberapa jamaah jatuh dari jembatan ketika ada rombongan yang berhenti mendadak, memicu kepanikan ratusan lainnya.

Kepala Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat, mempersilakan keluarga jamaah Indonesia yang ingin memeriksa data korban terbaru menghubungi jalur telepon +966543603154. Pada puncak ibadah haji, sedikitnya dua juta orang memadati Mina untuk melakukan lempar batu dalam prosesi melempar jumroh. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.