Ribuan Obat dan Makanan Ilegal Diamankan BBPOM Medan

KABAR MEDAN | Balai Besar Pengawasaan Obat dan Makanan mengamankan puluhan obat dan makanan ilegal yang berasal dari Korea dan Cina.

Obat- obatan dan makanan senilai lima ratus juta rupiah itu, selain tidak memiliki ijin edar juga dicurigai mengandung bahan berbahaya yang tidak layak dikonsumsi masyarakat.

“Obat – obatan ini kita sita dari gudang dan lokasi penjualan di Jalan Asia, Rabu (5/11/2014) malam. Obat dan makanan ini dikemas dalam bentuk sachet yang isinya seperti sebuk tea,” kata Kepala BBPOM Medan, Ali Bata Harahap, Kamis (6/11/2014).

Baca Juga:  33 Tersangka Diamankan Selama Operasi Antik Toba di Sergai Bersama Sabu 46,82 Gram dan Ganja 2,6 Kg Lebih

Dikatakannya, Obat – obatan dan makanan ilegal yang diamankan ini tidak dijamin keamanannya, sehingga jika dikonsumsi dapat beresiko bagi kesehatan.”Total yang kita amankan berkisar 10.800 kemasan,” katanya.

Dijelaskannya, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap pemilik obat dan makanan berinisial J, guna memastikan dari mana dan sudah kemana saja barang tersebut di edarkan. “Jika terbukti bersalah, maka pemilik barang ini dapat di jerat dengan UU Kesehatan dengan ancaman lima belas tahun penjara,” katanya.[KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.