Tiga Pencuri Telur Penyu Dibekuk Patroli Posal Pulau Banyak

ACEH, KabarMedan.com | Petugas Patroli dari Pos TNI AL Pulau Banyak Lanal Simeulue mengamankan tiga orang pencuri telur penyu, di daerah Pulau Bangkaru, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Minggu (24/7/2016).

Ketiga orang yang diamankan adalah Azmal (29), Rafdi (58) dan Usmir (30) yang merupakan  warga Desa Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Danlantamal I, Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto melalui Danlanal Simeulue, Letkol Laut (T) Agus Purwanto, Danposal Pulau Banyak, Letda Laut (E) Prabowo mengatakan, awalnya prajurit TNI mendapat laporan adanya kegiatan ilegal dari warga yang diduga melakukan pencurian telur penyu di Pulau Bangkaru.

Dari laporan itu, Kopda (BAH) Ismail Maha dan KLS (TTG) Darma Ari Setiawan serta satu orang sipil M Yusuf melakukan penyelidikan.

“Tim Patroli menemukan orang yang diduga melakukan pencurian telur penyu. Saat dilakukan pemeriksaan, terbukti ketiganya melakukan pencurian,” katanya, Senin (25/7/2016).

Dari keterangan ketiganya, mereka berangkat dari Desa Haloban menuju Pulau Bangkaru untuk berburu telur penyu.

“Hasil dari perburuannya dijual kepada pengepul telur bernama Armin (40) warga Desa Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat,” ujarnya.

“Dalam kegiatannya, pelaku didukung pinjaman modal pembiayaan dari pengepul bernama Armin.Harga telur yang dibeli oleh pengepul seharga Rp.2000 per butir,” ucapnya.

Dari pelaku, prajurit mengamankan barang bukti sekitar 1200 telur penyu, peralatan masak dan tenda,  satu buah perahu tempel, sangkur, parang, dan senter. “Saat ini ketiganya masih dalam pemeriksaan,” pungkasnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.