Wagubsu Imbau FKPPI Sumut Perkuat Leadership

Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi berfoto bersama PD II FKPPI Sumut usai beraudiensi di ruang kerjanya di kantor Gubernur Sumut Jl Diponegoro Medan, Senin (16/2/2015).

MEDAN, KabarMedan.com | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengimbau Pengurus Daerah (PD) II Forum Komunikasi Putra-Putra Purnawirawan dan Putra-Putri TNI/Polri (FKPPI) Sumut untuk menguatkan pembinaan kepemimpinan (Leadership) dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang akan berlangsung pada akhir Februari mendatang.

Imbauan tersebut dikemukan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi saat menerima audiensi PD II FKPPI Sumut di ruang kerjanya kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Senin (16/2/2015).

Hadir dalam audiensi itu Ketua PD II FKPPI Sumut Ir AR Krisman Purba, Sekretaris Ir Edo Binsar dan Wakil Sekretaris Orlando Siahaan.

Dalam kesempatan tersebut, Erry menekankan kepada panitia Rakerda FKPPI Sumut untuk membekali para peserta dengan pembinaan kepemimpinan.

“Semua anggota FKPPI adalah calon pemimpin. Baik itu sebagai kepala kularga, dilingkungan tempat tinggal ataupun pemimpin dalam usaha yang sedang digelutinya. Tidka itu saja, tiap orang harus mampu memimpin dirinnya sendiri,” ujar Erry.

Secara rinci, Erry menyebutnya, sedikitnya 7 syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi pemimpin yang baik yakni memiliki karakter, visi, mengayomi, cakap berkoordinasi, antispatif, teamworks, dan mendahulukan kepentingan rakyat diatas kelompok serta golongan. Ketujuh syarat tersebut akan menciptakan pola kepemimpinan yang efektif dan berdaya guna.

Anggota FKPPI harus memiliki karakter terbentuk dari komitmen yang kuat, bersikap adil, menjunjung tinggi ertika dan bersikap tenang, tanggungjawab dan tidak gentar menghadapi kedjoliman.

“Anggota FKPPI harus melayani, bukan bersikap seperti majikan yang minta dilayani. Anggota FKPPI adalah perwakilan seluruh masyarakat di Sumut yang menjadi menyampai aspirasi. Anggota FKPPI yang akan mendiskusikan apa yang dibutuhkan masyarakat, kemudian menyampaikannya kepada eksekutif, legislatif dan yudikatif untuk mencari solusi terbaik,” papar Erry.

Sebagai pemimpin, anggota FKPPI juga wajib memiliki kemampuan dalam bidang negoisasi dan diplomasi. Dengan begitu, kebutuhan masyarakat akan tercapai tanpa harus melakukan paksaan kepada eksekutif. Tentu semua akan tercapai jika FKPPI memiliki memiliki hubungan yang harmonis dengan legislatif dan eksekutif.

“Tidak itu saja, anggota FKPPI juga diharapkan mamiliki strategi yang efektif, efisien dalam membangun komunikasi. Menghargai audien dan lawan bicara. Sopan, bijak dan mengakomodir hal yang dianggap urgensi,” tambah Erry.

Baca Juga:  Dua Pencuri Motor di Sergai Ditangkap, Polisi Buru Pelaku Ketiga

Tidak lupa, seorang pemimpin harus antisipatif terhadap permasalahan dan persoalan yang dihadapi masyarakat. Sebagai perwakilan masyarakat, anggota FKPPI diharapkan sigap menganalisa permasalahan, tanggap mencari solusi dan berani mengambil resiko demi memperjuangkan hak masyarakat.

“Selain itu, perlu juga kita tanamkan prinsif, tidak ada Supermen. Untuk mencapai tujuan bersama, kita harus menjadi Supertim. Untuk itu, anggota FKPPI harus mampu melatih dan memberdayakan tim untuk mencapai tujuan bersama. Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menggapai kesuksesan berkelanjutan,” jelas Erry.

Erry tidak lupa mengajak PD FKPPI Sumut dan seluruh cabang di seluruh Kabupaten/Kota untuk bersinergi dengan Bupati dan Walikota masing-masing daerah dalam mendorong laju pembangunan di Sumut. Harmonisasi keduanya akan menciptakan kekuatan demi merealisasikan cita-cita bersama yakni kesejahteraan rakyat.

Baca Juga:  33 Tersangka Diamankan Selama Operasi Antik Toba di Sergai Bersama Sabu 46,82 Gram dan Ganja 2,6 Kg Lebih

Erry juga mengimbau agar FKPPI Sumut membuat database tentang keanggotaan FKPPI yang ada di Sumut. Hal ini menurut Erry cukup penting untuk nantinya bisa bekerjasama dengan berbagai pihak.

“Bila jumlah kita banyak dan database kita kuat dan jelas, ini bisa jadi modal untuk bekerjasama dengan berbagai pihak,” jelas Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry juga mengatakan apresiasinya kepada Panitia Rakerda FKPPI Sumut dan telah menjadwalkan kehadirannya pada pelaksanaan Mukerda nantinya.

“Jika tidak ada kendala, saya akan berbagi pengalaman tentang leadership pada Mukerda FKPPI mendatang. Ada baiknya juga dihadirkan Kepala Kesbangpolimas Provsu sebagai pemateri,” saran Erry.

Sementara Ketua PD II FKPPI Sumut Ir AR Krisman Purba mengatakan, pembukaan Rakerda FKPPI Sumut akan berlangsung di Hotel Grand Serella Medan 26-27 Pebruari 2015 mendatang. Sedangkan penutupan akan digelar di Balai Prajurit Kodam I/BB Medan.

“Rakerda akan dihadiri Pengurus Cabang FKPPI dari 28 Kabupaten/Kota di Sumut. Sedang agenda Rakerda salah satunya untuk menyatukan Generasi Muda (GM) FKPPI dengan Ormas FKPPI sesuai Munas lalu,” terang Krisman.

Guna memperjaya wawasan anggota FKPPI Sumut, panitia juga menghadirkan pemateri dari Kodam I/BB, Polda Sumut, Pemerintahan dan juga dari Banan Narkotika Nasional (BNN).

“Semoga pemateri nantinya akan membekali penserta Rakerda FKPPI dengan berbagai keahlian,” harap Krisman. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.