Wagubsu : PT Inalum Harus Dongkrak Pembangunan Di KEDT

KABAR MEDAN | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap keberhasilan PT. Inalum dalam menggenjot produksi aluminium harus memberikan manfaat kepada pembangunan Kabupaten/Kota di Kawasan Ekosistem Danau Toba (KEDT).

Harapan tersebut disampaikan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 39 PT Inalum di Hotel JW Marriot, Jl Putri Hijau Medan, Jumat (19/20/2014) malam. HUT ke 39 tersebut juga sekaligus peringatan HUT ke 1 PT Inalum menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setelah diambil alih pemerintah Indonesia dari Konsorsium Jepang.

Dalam kesempatan tersebut, Erry menyatakan apresiasinya atas pencapaian PT Inalum dalam setahun terakhir pasca menjadi BUMN. Apalagi PT Inalum telah mencanangkan visi 2025 sebagai Perusahaan Global Terkemuka Berbasis Aluminium Terpadu Ramah Lingkungan.

“PT Inalum tidak saja menjadi kebanggaan Sumatera Utara, tetapi juga kebanggaan Indonesia. PT Inalum merupakan industry strategis dan hanya satu-satunya di Indonesia,” ujar Erry.

Erry juga mengatakan, kehadiran PT Inalum menambah daftar BUMN yang beroperasi di Sumut, setelah PTPN2, PTPN3, PTPN4, PT Pelindo Persero, PT Kawasan Indistri Medan (KIM).

“Jumlah BUMN yang beroperasi di Sumatera Utara kini telah bertambah menjadi 6 BUMN. Keberadaan 6 BUMN ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pembangunan di Sumatera Utara,” harap Erry.

Tidak hanya menjadi industry strategis, lanjut Erry, PT Inalum juga memberikan nilai tambah dengan menyuplai daya kepada PT PLN Persero untuk kebutuhan listrik di Sumut mencapai 120 Megawatt. Suplai tersebut memberikan sumbangan luar bagi Sumut hingga mampu bertahan dari kondisi krisis listrik.

“PLTA Sigura-gura milik PT Inalum memberikan kontribusi bidang kelistriktrikan di Sumut. Pemrintah Provinsi berharap, suplai listrik dapat ditingkatkan di masa mendatang tanpa mengganggu pembakaran tungku aluminium,” harap Erry.

Baca Juga:  33 Tersangka Diamankan Selama Operasi Antik Toba di Sergai Bersama Sabu 46,82 Gram dan Ganja 2,6 Kg Lebih

Dalam kesempatan tersebut, Erry juga menegaskan PT Inalum untuk terus menjaga KEDT karena turbin pembangkit listrik PLTA Sigura-gura sangat tergantung dengan air yang ada di Danau Toba.

“Untuk itu, PT Inalum diharapkan menjalankan kewajibannya merealiasikan pembayaran pajak Air Permukaan kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota yang ada di Kawasan Ekosistem Danau Toba. Pajak tersebut akan digunakan untuk mendorong laju pembangunan di daerah yang ada di kawasan Danu Toba,” imbau Erry.

Dalam kesempatan yang sama, Erry juga menyatakan, keberhasilan pencapaian PT Inalum menjadi salah satu bukti, Sumut aman dan kondusif hingga mendorong tumbuhnya dunia investasi.

“Salah satu kawasan yang memberikan potensi investasi di Sumatera Utara adalah Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke di Simalungun. Dalam kesempatan ini, saya juga mengajak para investor untuk menanamkan investasinya di Sumatera Utara,” katanya. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.