4 Kecamatan Terdampak Abu Vulkanik Gunung Sinabung

MEDAN, KabarMedan.com | Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut kembali erupsi, Sabtu dini hari (8/8/2020).

Tinggi kolom abu mencapai sekitar 2.000 meter membuat 4 kecamatan tertutup abu vulkanik.

Adapun empat kecamatan yang tertutup abu vulkanik, yaitu Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Merdeka.

“Erupsi terjadi sekitar pukul 01.58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 2.000 meter. Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur,” kata petugas PVMBG Muhamad Nurul Assori, Sabtu (8/8/2020) siang.

Pos PVMBG juga mengimbau, warga menggunakan masker atau pelindung diri jika terdampak abu vulkanik. Warga juga diimbau tidak memasuki zonar merah Sinabung karena masih tinggi aktivitas gunung.

“Imbauan warga apabila terdampak abu memakai masker dan pelindung diri,” ujarnya.

Pos PVMBG memperkirakan masih berpotensi erupsi susulan karena status Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung atau wisatawan.

Rekomendasi itu agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, radius sektoral 5 kilometer untuk sektor Selatan-Timur dan 4 km untuk sektor Timur-Utara. [KM-05]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.