KabarMedan.com Raih Journalism Emergency Relief Fund dari Google News Initiative

Program bantuan pendanaan besar-besaran dari Google News Initiative bertajuk Journalism Emergency Relief Fund yang ditujukan bagi media-media lokal di seluruh dunia dalam masa krisis pandemi COVID-19 akhirnya diumumkan hasil seleksinya.

Sebanyak lebih dari 5.000 media lokal berskala kecil dan menengah di seluruh dunia disebut bakal segera menerima kucuran dana tersebut.

Sebagaimana disampaikan pihak Google melalui Head of Google News Initiative Innovation, Ludovic Blecher, pada Kamis (28/5/2020) waktu setempat, hanya selang dua pekan sejak pendaftaran dibuka bulan lalu, pihaknya sudah menerima lebih dari 12.000 pengajuan dari 140 negara.

Dari pendaftar sebanyak itu, tim Google News Initiative (GNI) lantas melakukan review berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya, yaitu media yang beroperasi di wilayahnya sendiri (lokal), menyasar pembaca di kelompok geografis tertentu, serta bertekad meneruskan kerja mereka lewat pendanaan ini.

Ada pun, KabarMedan.com menjadi salah satu media lokal dari Indonesia yang terpilih sebagai penerima dana bantuan ini.

Selain menyediakan berita dan informasi tentang COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara, KabarMedan.com juga berkolaborasi dengan media lain di Indonesia untuk bersama-sama menyebarluaskan konten edukasi untuk memerangi penyebaran virus corona.

“Terima kasih atas semua dukungan terutama dari pembaca setia. Dana bantuan darurat jurnalistik dari Google News Initiative ini akan sangat berguna untuk mendukung kami agar bisa tetap menyediakan update terkini COVID-19 di Sumatera Utara, termasuk melakukan cek fakta atas mis-disinformasi yang beredar. Dan juga menyebarkan konten edukasi untuk memerangi penyebaran virus corona,” kata Editor In Chief KabarMedan.com, Agoez Perdana. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.