Update COVID-19 di Sumut: 1.024 Positif, 249 Sembuh, 177 PDP

MEDAN, KabarMedan.com | Kasus COVID-19 di Sumatera Utara masih terus terjadi. Hingga Jumat (19/6/2020) pasien positif COVID-19 bertambah 31 orang. Sehingga total pasien positif akibat virus tersebut menjadi 1.024 orang.

“Pasien positif COVID-19 berjumlah 1.024 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut, Mayor Kes Whiko Irwan.

Ia mengatakan, pasien dalam pengawasan (PDP) saat ini berjumlah 177 orang, dan orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 899 orang.

“Pasien sembuh dari Corona berjumlah 249 orang dan pasien meninggal tetap seperti hari kemarin, yaitu 67 orang,” ujarnya.

Whiko mengatakan, pandemi COVID-19 masih akan berlangsung. Berakhirnya pandemi ini akan tercapai bila sudah ditemukannya vaksin yang sesuai untuk Covid-19 di Indonesia, atau seluruh masyarakat Sumut telah imun atau kebal secara alamiah terhadap COVID-19.

“Untuk menanggulangi virus Corona, setidaknya 2/3 masyarakat harus divaksin. Namun realita sampai saat ini, vaksin Covid-19 masih dalam proses pengembangan. Perusahaan farmasi nasional yang sedang mengembangkan saat ini dalam tahap uji klinis, belum bisa digunakan untuk masyarakat luas,” jelasnya.

Whiko pun mengedepankan beberapa alasan yang menghambat kenapa sampai hari ini vaksin lama dalam produksinya.

“Pertama karena vaksin harus benar-benar menimbulkan imunitas terhadap virus corona yang ada di Indonesia. Kemudian, vaksin harus melalui beberapa uji klinis yang membutuhkan waktu berbulan- bulan bahkan tahunan,” terangnya.

Bila sudah dapat memastikan keamanannya dan dapat digunakan pada manusia tanpa menimbulkan gejala klinis penyakit dasarnya dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti, barulah vaksin dapat diproduksi massal.

“Vaksin harus diproduksi dalam jumlah besar, yang membutuhkan bahan baku yang banyak dan biaya yang besar,” pungkasnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.