13 Manfaat Melakukan Stock Opname Menggunakan Aplikasi Persediaan

Kamu masih melakukan pencatatan persediaan barang secara manual? Sekarang kamu udah enggak perlu mencatat atau mengelola stok barang satu per satu lagi, sebab sudah tersedia software pengelolaan persediaan barang.

Aplikasi barang ini dapat memudahkan kamu dalam mengurus usaha agar lebih efektif dan efisien. Apalagi pengelolaan stok barang merupakan salah satu komponen penting bagi berjalannya sebuah bisnis.

Maka dari itu kamu mesti menerapkan teknologi persediaan barang pada usaha kamu. Kalo masih ragu untuk memakainya, kamu wajib tahu dulu nih kelebihan aplikasi program persediaan.

Apa itu Aplikasi Persediaan?

Secara harfiah inventory adalah persediaan dari sebuah bisnis. Sedangkan aplikasi persediaan adalah jenis sistem software yang berkaitan dengan persediaan barang-barang di gudang. Suatu perusahaan biasanya menggunakannya agar persediaannya dapat teratur dengan baik.

Sistem ini sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan karena memberikan banyak manfaat dalam menjalankan bisnis dalam industri barang dan jasa. Sistem ini juga membantu Anda dalam pengecekan dan penyediaan stok bahan baku atau barang setengah jadi maupun barang jadi, demi kelancaran proses produksi atau pemenuhan permintaan pelanggan.

Kelebihan Aplikasi Persediaan Bagi Bisnis

Penggunaan software pengelolaan barang pada bisnis kamu tentunya mempunyai banyak kelebihan. Mulai dari mengelola persediaan barang sehingga memudahkan untuk melakukan stock opname di setiap akhir periodenya.

Tapi selain itu, ternyata masih ada lagi loh kelebihan aplikasi persediaan otomatis untuk usaha kamu, mau tahu?

Yuk simak artikel ini sampai selesai.

  1. Mampu Mendeteksi Terjadinya Overselling

Saat kamu menggunakan aplikasi persediaan barang, setiap stok barang yang ada dan sudah terjual akan dilakukan penyesuaian. Sinkronisasi stok barang tersebut dapat dilakukan secara otomatis di semua channel penjualan kamu.

Mulai dari toko offline maupun di toko online kamu seperti marketplace, e-commerce, dan webstore. Dengan begitu akan membantu kamu dalam meminimalisir terjadinya overselling produk pada usaha kamu.

Sebab, overselling dapat sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan kamu juga, jadi jangan sampai terjadi overselling ya. Pastikan semua produk kamu selalu tersedia dan pantau dengan menggunakan software stok barang.

2. Jumlah Persediaan Barang Terkendali

Dengan sistem manajemen stok barang, kamu dapat melacak tingkat ketersediaan barang yang rendah sekaligus membantu kamu untuk mengatur pemesanan ulang secara otomatis.

Tujuannya sudah pasti agar persediaan stok barang kamu tidak habis, jadi sebelum stok barang habis dan mulai menipis kamu harus buru-buru melakukan re-order barang lagi. Terasa serba salah ketika kamu membeli persediaan barang sedikit, dapat menyebabkan habisnya persediaan sehingga mengecewakan konsumen. Tapi kalau menyediakan stok barang yang banyak, maka akan menimbulkan biaya yang cukup besar.

Nah, maka dari itu salah satu kelebihan aplikasi persediaan ialah memudahkan kamu dalam menentukan jumlah persediaan barang selagi menganalisis pola permintaan pelanggan di pasar.

3. Purchase order (PO) Lebih Cepat

Persediaan barang akan secara otomatis tercukupi agar memenuhi permintaan pelanggan kamu. Karena kamu dapat lebih cepat untuk melakukan purchase order (PO) secara otomatis ke vendor dari bisnis kamu hanya melalui aplikasi persediaan barang.

Mulai dari pencatatan stok barang yang habis hingga pembuatan faktur atau invoice, cukup di software stok barang. Sekarang kamu juga dapat lebih mudah untuk melakukan purchase order (PO) pada usaha kamu loh.

Sehingga tidak terjadi kehabisan stok barang secara tiba-tiba dengan menggunakan platform Mekari Jurnal secara GRATIS sekarang!

4. Mengurangi Biaya Operasional Usaha

Adanya sistem manajemen barang, kamu jadi tidak perlu menyewa gudang dengan harga yang mahal loh untuk menyimpan persediaan barang kamu.

Sebab, software persediaan barang memiliki kemampuan untuk mengoptimasi setiap operasional bisnis kamu sehingga tidak memerlukan biaya yang besar.

Ditambah penggunaan aplikasi ini membuat kinerja bisnis menjadi lebih efisien, karena mampu mengelola stok barang dan memperbaharui daftar stok di semua saluran penjualan hingga proses pesanan.

5. Terintegrasi ke Semua Bisnis

Kamu masih mengurus persediaan stok barang secara manual satu per satu di semua toko kamu ? Udah nggak jaman lagi mengurusnya di masing-masing toko, kamu cuma perlu aplikasi manajemen inventory yang sudah terintegrasi ke semua toko kamu aja.

Dengan terintegrasinya ke semua channel penjualan tentunya memudahkan kamu dong dalam mengurus persediaan barang agar tidak terjadi stok menipis. Jadi, kamu bisa langsung melakukan pemesanan ulang di semua outlet atau di toko online kamu deh.

6. Aplikasi persediaan Mendeteksi Overselling

Penggunaan aplikasi persediaan barang akan membuat setiap stok barang yang ada dan sudah terjual akan dilakukan penyesuaian. Sistem akan mensinkronisasi stok barang secara otomatis pada semua channel penjualan. Mulai dari toko offline maupun toko online Anda seperti marketplace, e-commerce, dan webstore. Dengan cara kerja sistem tersebut akan membantu Anda dalam meminimalisir terjadinya overselling produk pada bisnis Anda.

7. Terkendalinya Jumlah Inventory

Dengan sistem manajemen stok barang, Anda dapat melacak tingkat ketersediaan barang yang rendah sekaligus membantu Anda mengatur pemesanan ulang secara otomatis. Hal ini bertujuan agar persediaan stok barang Anda tidak habis, jadi sebelum barang habis dan mulai menipis Anda perlu melakukan re-order. Namun, menyediakan stok barang yang banyak juga akan menimbulkan biaya yang besar. Dengan adanya aplikasi ini maka akan memudahkan Anda dalam menentukan jumlah barang persediaan selagi menganalisis pola permintaan pelanggan.

8. Purchase Order (PO) Lebih Cepat

Banyak bisnis yang menggunakan sistem PO dalam menjalankan operasi bisnisnya. Dengan menggunakan software purchasing yang terintegrasi akan membantu Anda agar lebih cepat menyediakan barang bagi konsumen. Sistem akan secara otomatis melakukan purchase order ke vendor melalui aplikasi persediaan barang. Mulai dari pencatatan stok barang yang habis hingga pembuatan faktur atau invoice, cukup di software stok barang.

9. Mengurangi Biaya Operasional Usaha

Dengan adanya sistem manajemen barang, Anda tidak perlu menyewa gudang dengan harga yang mahal. Software ini akan membantu Anda untuk mengoptimasi setiap operasional bisnis Anda sehingga tidak memerlukan biaya yang besar. Penggunaan sistem ini juga akan membuat kinerja bisnis menjadi lebih efisien karena mampu mengelola stok barang dan memperbarui daftar stok di semua bagian penjualan hingga proses pesanan.

10. Terintegrasi ke Semua Bisnis

Dengan menggunakan sistem manajemen barang maka Anda tidak perlu untuk mengurus pencatatan persediaan stok barang secara manual satu per satu di semua cabang bisnis. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi persediaan barang yang sudah terintegrasi ke semua bisnis. Dengan terintegrasinya ke semua channel penjualan maka akan memudahkan Anda dalam mengurus persediaan barang agar stok tidak menipis.

11. Mudah Memantau Persediaan Melalui Aplikasi persediaan Gudang

Para pebisnis retail pasti mencari aplikasi persediaan yang memberikan manfaat berupa kemudahan dalam memantau persediaan. Sistem ini tentu saja akan membantu Anda akan hal itu karena sistem barcode yang berfungsi memberikan kode unik pada setiap barang di gudang. Dengan bantuan barcode, Anda dapat mengetahui berapa jumlah barang yang terdapat dalam satu paket barang disertai dengan tanggal kadaluarsanya. Informasi ini akan Anda dapatkan dengan mudah yaitu cukup dengan mengarahkan barcode scanner ke kode yang terdapat pada barang.

12. Low Stock Notification

Tidak ada yang lebih membantu para pebisnis selain informasi yang tersaji setiap saat. Adanya low stock notification memungkinkan Anda untuk terus menjual barang yang sedang banyak pelanggan cari. Namun pada saat jumlah permintaan berkurang, Anda bisa menyesuaikan replenishment stock untuk menghindari over purchasing.

13. Laporan Lebih Akurat

Keakuratan data merupakan hal yang penting bagi pebisnis. Anda pasti ingin mengetahui berapa jumlah barang yang terjual hari ini, barang mana saja yang sedang laku di pasaran, sampai data pelanggan. Hal ini dilakukan agar pebisnis dapat mengembangkan bisnisnya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Data-data ini bisa Anda dapatkan dengan adanya laporan yang akurat. Namun sayangnya sulit sekali mendapatkan data ini jika sampai sekarang Anda masih mengelola inventaris gudang Anda secara manual. Oleh karena itu Anda butuh aplikasi stok barang untuk membuat laporan yang akurat.

Gunakan Aplikasi Persediaan Otomatis dari Mekari Jurnal

Kamu sekarang udah tahu dong kelebihan serta keuntungan menggunakan aplikasi persediaan pada semua bisnis?

Ada sebagian dari para pebisnis beranggapan biaya yang harus dikeluarkan sangatlah mahal untuk memakai software persediaan barang.

Mungkin kamu belum tahu Mekari Jurnal sebagai platform omnichannel yang dapat membantu kamu mengelola bisnis di semua channel penjualan secara bersamaan. Bukan hanya itu aja, dengan Mekari Jurnal kamu juga dapat menyusun laporan penjualan, pembukuan keuangan, hingga sistem manajemen gudang hanya dalam satu sistem aja.

Kelebihan Mekari Jurnal, Solusi Pencatatan Transaksi & Keuangan

Kini Jurnal siap membantu permasalahan anda tersebut. Jurnal merupakan aplikasi POS yang memiliki fitur lengkap yang mudah digunakan dengan harga yang terjangkau. Aplikasi akuntansi dan POS ini berbasis cloud sehingga cocok digunakan oleh toko retail, café dan restoran.

Salah satu fitur Jurnal yang sudah banyak peminatnya adalah fitur akunting. Anda dapat mengontrol segala bentuk pencatatan transaksi atau laporan keuangan dengan lengkap, terjamin aman dan mudah dilihat secara real time. Mari simak keunggulan fitur akunting Jurnal berikut, yuk!

  1. Dashboard Sederhana

Tanpa pencatatan yang berbelit dan rumit, fitur akunting Jurnal menawarkan antarmuka yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pemula. Catatan informasi usaha Anda tersimpan di dalam aplikasi Jurnal dengan periode waktu yang digunakan adalah hitungan hari, bulan, dan tahun tersedia dalam bentuk laporan keuangan yang mudah dibaca dan real-time. Sehingga, membuat laporan akhir keuangan dengan aplikasi akunting Jurnal akan semakin mudah hanya beberapa klik saja.

  1. Real-time

Sistem POS seperti Jurnal.id mampu memberi Anda data real-time sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang cepat dan cerdas untuk membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan. Semua data transaksi yang ada akan tersimpan dan terus terupdate secara real-time setiap harinya.

  1. Tanpa Instalasi terpisah atau tanpa memakai aplikasi pihak ketiga

Fitur akunting Jurnal terhubung langsung dengan Back Office. Sehingga tidak perlu install aplikasi secara terpisah. Bekerja dengan internal divisi finance, accounting maupun departemen lain di perusahaan menjadi lebih mudah dan praktis, karena sistem yang terintegrasi.

  1. Keamanan setara bank

Dengan background perusahaan yang berfokus pada bisnis perbankan, Jurnal memilih menggunakan sistem penyimpanan Cloud dengan sistem keamanan yang setara dengan bank. Setiap pencatatan transaksi dan detail laporan dapat disajikan secara lebih aman dan kredibel.

Sederhananya, dapat dikatakan bahwa sistem POS membuat bisnis Anda lebih berfokus pada biaya, memberi Anda wawasan yang lebih luas tentang pendapatan, membuat Anda menghemat waktu, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan menggunakan data yang direkam sebelumnya untuk menciptakan tujuan ekonomi.

Mau punya aplikasi Aplikasi persediaan yang sudah terintegrasi ke semua channel penjualan dalam satu dashboard? Coba Mekari Jurnal aja. Daftar sekarang dengan mengunjungi websitenya di Mekari Jurnal, GRATIS.

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.