Amankan Lebaran, Satlantas Polresta Medan Kerahkan 252 Personil

KABAR MEDAN | Menjelang Lebaran, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Medan menyiagakan 252 personil yang ada di Polresta Medan dan Polsek-polsek dibawahnya.

“Ada 252 personil yang akan kita tempatkan di 12 pos pengamanan Operasi Ketupat Toba 2014 ini. Personil itu di tempat di beberapa titik seperti, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal dan stasiun kereta api. Kita juga dibantu oleh pihak TNI, Dishub, Satpol PP, serta Dinkes,” kata Kasatlantas Polresta Medan, Kompol Budi Hendrawan, Selasa (22/7/2014) siang.

Ia mengatakan, setiap satu pospam, pihaknya akan menempatkan 9 personil Satlantas dan juga dibantu dengan pihak lainnya. Total 12 pos pengamanan dengan jumlah 108 pe rsonil dan selebihnya akan melakukan patroli. Pihaknya juga akan melakukan banyak patroli, terutama
di daerah tempat wisata. Karena tidak menutup kemungkinan banyaknya terjadi tindak pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga:  Dosen USI: Penambahan Usia Pensiun Polisi 60 Tahun Wujudkan Polisi Humanis

“Pada hari ke tiga hingga lima lebaran, diperkirakan masyarakat banyak yang  menuju lokasi wisata. Kita akan menempatkan personil di sepanjang Jalan Jamin Ginting hingga Berastagi. Kita juga akan menempatkan personil dibatas Kota Medan – Binjai, arah Tanah Karo dan Deli Serdang untuk mengantisipasi arus balik. Kita akan melakukan penilangan bagi pengguna kendaraan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas, termasuk angkutan yang tidak sesuai dengan peruntukannya,” jelasnya.

Tak sampai disitu, pihaknya juga akan juga akan memfokuskan personilnya untuk pengamanan di keramaian masyarakat pada malam takbiran.

Baca Juga:  Rektor UMTS Dukung Usia Pensiun Polisi Jadi 60 Tahun

“Kita akan menempatkan personil di Lapangan Merdeka, Ringroad, Pancing dan kawasan lainnya. Pada sholat Ied  personil juga akan menempati lokasi yang ramai sperti Lap Merdeka, Masjid Agung dan Masjid Raya,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap kepada masyarakat dapat mematuhi peraturan pada lebaran tahun 2014.

“Kita menghimbau masyarakat dapat memaknai lebaran ini dengan mematuhi peraturan lalu lintas. Untuk masyarakat yang mudik diharapkan meninggalkan rumah dengan posisi terkunci, kompor dimatikan, listrik di check pemakaiannya, titipkan rumah ke tetangga yang tidak mudik. Bagi masyarakat jugaa harus mengecek kendaraan, kelengkapan surat – surat dan mematuhi lalu lintas,” jelasnya.[KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.