Bank Sumut Luncurkan Aplikasi CMS Kas Daerah Kabupaten Karo

KARO, KabarMedan.com | Setelah sukses digunakan 15 Pemerintah daerah di Sumatera Utara, kali ini aplikasi Cash Management System (CMS) Kas Daerah (Kasda) yang dimiliki Bank Sumut resmi diluncurkan untuk pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Karo.

Peluncuran aplikasi CMS Kasda tersebut dilakukan di pelataran halaman Kantor Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Karo, pada Rabu (30/8/2017), bertepatan dengan kegiatan peresmian gedung kantor baru BPKPAD Pemkab Karo yang direhabilitasi dengan menggunakan sumber dana dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Sumut.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terlaksananya launching program CMS yang merupakan salah satu layanan perbankan dari Bank Sumut. Menurutnya program tersebut sangat mendukung salah satu program prioritas daerah yakni reformasi birokrasi yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Harapan saya kiranya program ini dapat memberikan peningkatan kualitas layanan pengelolaan keuangan daerah, dalam rangka pembangunan Kabupaten Karo yang kita cintai ini,” kata Terkelin.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karo atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada Bank Sumut dalam hal pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Karo, melalui aplikasi dan sistem perbankan yang dinamakan program Cash Management System (CMS) Kasda.

Baca Juga:  Selama Libur Sekolah, KAI Divre I Sumut Berangkatkan Lebih Dari 146 Ribu Penumpang

“Melalui aplikasi yang dikembangkan secara online dan diintegrasikan dengan aplikasi Sistem Informasi Managemen Daerah ataupun Simda ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan akuntabilitas pengeloaan keuangan daerah yang lebih efektif dan efisien,” ucap Edie.

Ditambahkan Edie, sampai dengan saat ini sudah ada 15 Pemerintah daerah yang telah menggunakan CMS Kasda online terintegrasi dengan Simda, dan untuk tahun ini juga akan diimplementasikan kepada lima Pemerintah Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara.

Tak hanya itu, Bank Sumut juga telah berhasil mengembangkan sistem online penerimaan kas daerah secara host-to-host untuk menerima pembayaran pajak/retribusi daerah dan seluruh penerimaan daerah seperti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dapat dibayarkan melalui berbagai delivery channel Bank Sumut (Teller, ATM dan SMS Banking). Yang terbaru, Bank Sumut juga telah mengembangkan sistem penerimaan pajak kendaraan bermotor bekerjasama dengan Tim Pembina Samsat dalam bentuk layanan e-Samsat.

Salurkan Dana CSR

Baca Juga:  Lakukan Pelanggaran, M. Ali Yusuf Siregar Terancam Pidana dan Pembatalan Cakada

Selain melakukan peluncuran program aplikasi CMS Kasda, dalam kegiatan tersebut Bank Sumut juga menyalurkan secara resmi CSR yang diperuntukkan bagi Pemerintah Daerah Karo, berupa pembuatan sumur bor dan penampungan air minum di Kecamatan Payung senilai Rp380 juta, serta rehabilitasi ataupun penataan kembali gedung kantor BPKPAD Pemkab Karo senilai Rp354,9 juta.

Secara simbolis, CSR pembuatan sumur bor dan penampungan air diserahkan kepada Camat Payung, Jepta Tarigan, dan gedung kantor BPKPAD yang telah selesai direhabilitasi diresmikan pada acara yang sama.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas pemberian CSR tersebut. Dikatakannya, program CSR ini merupakan bentuk sinergi yang penting antara Pemerintah daerah Kabupaten Karo dengan pihak swasta umumnya, dan khususnya PT Bank Sumut dalam mencari sumber pendanaan alternatif ketika kemampuan APBD mengalami keterbatasan.

“Harapan kita kepada seluruh pimpinan SKPD agar menggunakan program CSR sebagai salah satu sumber pendanaan alternatif, dalam pembangunan daerah yang dapat berdampak kepada pemerataan dan percepatan pembangunan,” pungkas Terkelin. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.