Begini Cara Registrasi Usai Lolos SBMPTN 2020 di USU dan Unimed

MEDAN, KabarMedan.com | Ribuan calon mahasiswa dinyatakan lulus melalui jalur SBMPTN 2020 di Universitas Sumatera Utara (USU) dan Unimed.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus wajib melakukan registrasi di kampus masing-masing.

Dilihat dari akun Instagram resmi @official.usu, Sabtu (14/8), calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dapat melakukan tahapan pengisian mengisi data uang kuliah tunggal (UKT).

“Bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, selanjutnya dapat melakukan tahapan pengisian data UKT (Uang Kuliah Tunggal) dapat dilakukan secara online melalui laman http://uktdatareg.usu.ac.id yang dibuka mulai tanggal 18 Agustus hingga 25 Agustus 2020,” demikian isi pengumuman di akun intagram itu.

Calon mahasiswa selanjutnya diharuskan membayar UKT yang dimulai pada 2-9 September 2020. Tata cara pembayarannya dalam dilihat pada laman www.usu.ac.id.

Baca Juga:  Lakukan Pelanggaran, M. Ali Yusuf Siregar Terancam Pidana dan Pembatalan Cakada

Sementara, dalam akun Intagram @unimedofficial terdapat tata cara praregistrasi dan registrasi calon mahasiswa yang lulus SBMPTN 2020.

Para calon mahasiswa harus mempersiapkan dokumen dalam bentuk sofcopy yang masing-masing filenya 100 kb dalam bentuk sebagai berikut:

1. Kartu peserta SBMPTN tahun 2020
2. Ijazah atau SKTL dari SMA sederajat
3. Kartu keluarga
4. Pasfoto berwarna ukuran 3×4
5. Daftar penghasilan kedua orang tua (jika orang tua sebagai penerima upah/gaji)
6. Surat pernyataan penghasilan kedua orang tua (jika orang tua bukan penerima upah/gaji)
7. Bukti pembayaran PBB tahun 2019 bagi status rumah milik sendiri
8. Bukti pembayaran pajak seluruh kendaraan bermotor (untuk semua kendaraan yang dimilik anggota keluarga dalam 1 KK calon mahasiswa)
9. Bukti pembayaran listrik 3 bulan terakhir
10. Bukti pembayaran air PAM 3 bulan terakhir bagi pengguna PAM
11.Surat pernyataan penghasilan orang tua (format bisa diunduh di situs http://bak.unimed.ac.id).

Baca Juga:  KAI Divre I Kembali Layani Kepulangan Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu dengan Kereta Api Menuju Rantauprapat

Selanjutnya, para calon mahasiswa Unimed wajib melakukan registrasi secara online mulai tanggal 15 hingga 22 Agustus 2020 dengan mengupload data ke laman http://bak.unimed.ac.id/registrasi.

Surat pernyataan mematuhi peraturan akademik dan tata cara kampus Unimed (dapat diunduh di lama http://bak.unimed.ac.id/registrasi), kemudian dicetak lalu ditempel materai Rp 6.000 dan ditandatangani serta diupload kembali.

Tahap berikutnya adalah pembayaran uang kuliah tunggal (UKT). Besaran UKT akan disampaikan setelah calon mahasiswa Unimed melakukan registrasi.[KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.