Jelang MEA, Pemerintah Harus Berdayakan Kontraktor Lokal

KABAR MEDAN | Pemerintah diminta untuk memprioritaskan penunjukkan pengerjaan proyek pemerintah kepada kontraktor lokal. Hal ini dilakukan karena semakin dekatnya pemberlakuan kerjasama Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di 2015 mendatang.

Ketua Asosiasi Penyelenngara Konstruksi Nasional (Aspeknas) Sumatera Utara, Tahan Manahan Panggabean, mengatakan diprioritaskannya kontraktor lokal, maka kontraktor lokal akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan profesionalisme kerja mereka.

Peningkatan profesionalisme itu tentunya sangat dibutuhkan ketika harus bersaing dengan para kontraktor asing, yang bakal masuk ke Indonesia, saat MEA diberlakukan.

Baca Juga:  Dua Pencuri Motor di Sergai Ditangkap, Polisi Buru Pelaku Ketiga

“Jangan kontraktor pemerintah saja yang diberikan kesempatan mengerjakan proyek pemerintah. Mereka memang sumber dayanya besar, namun jika seperti itu terus, kapan lagi kontraktor lokal ini punya kesempatan. Harus dipermudahlah, biar kita-kita bisa bertarung secara profesional juga kalau MEA nanti berlaku,” katanya, Senin (1/12/2014).

Dikatakannya, sesama kontraktor juga diminta untuk tidak canggung dan panik dengan kehadiran MEA. Namun, para kontraktor dapat terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas masing-masing.

Baca Juga:  33 Tersangka Diamankan Selama Operasi Antik Toba di Sergai Bersama Sabu 46,82 Gram dan Ganja 2,6 Kg Lebih

“MEA 2015 itu bisa kita jadikan peluang. Tapi kita harus siap dulu. Harus expert. Rasa takut gagal harus dikesampingkan. Kalau tidak ya kita cuma jadi pasar,” ungkapnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.