Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Serdang Bedagai Berlangsung Khusu’

SERDANG BEDAGAI,KabarMedan.com | Untuk pertama kali pelaksanaan Sholat Id digelar di Masjid Agung Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara, yang terletak persis di depan gerbang tol Teluk Mengkudu, 10 Dzulhijah 1441 Hijriah, atau Jumat (31/7/2020)

Pelaksanaan Shalat Idul Adha berjalan dengan khidmat dan dihadiri oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman, Dandim 0204/DS Letkol Inf Syamsul Arifin, Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Ketua MUI, FKUB, Ketua PWI Sergai, Khatib H. Zainuddin Martapura, Imam Sholat Idul Adha Faisal, S.PdI, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta ratusan masyarakat yang melaksanakan sholat Idul Adha.

Dalam khutbahnya berjudul “Hikmah Aidil Adha” H. Zainuddin Martapura menyampaikan ajakan untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan rajin mengerjakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Hajj:37) “Allah tidak akan menerima daging-daging yang menjadi qurban dan tidak pula darahnya, kecuali Allah SWT akan menerima ketaqwaan dari mereka.

“Memberikan pengertian bahwa qurban yang kita potong itu daging dan darahnya tidak diterima Allah, tetapi ketaatan kita yang ikhlas dan pengabdian kita yang akan diterima oleh Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda, katanya.

Dengan demikian, lanjutnya lagi, pengorbanan dan pengabdian yang ikhlas itulah yang dianjurkan dalam agama Islam sebagai didikan terhadap umat Islam untuk memperkokoh jiwa sosial bagi si kaya terhadap kaum muslimin yang kekurangan.

” Idul Adha ini menjadi momen latihan untuk membiasakan mengorbankan segala sesuatu yang dimilikinya untuk keselamatan dan kebahagiaan sesama umat serta kemajuan masyarakat, bangsa dan negara kita dapat menunaikan perintah sholat Idul Adha sebagaimana yang kita laksanakan pagi ini. Mudah-mudahan apa yang telah kita lakukan diterima dan diridhoi oleh Allah SWT, ” tandas Ustadz Zainuddin Martapura.

Sedangkan Bupati Sergai, Soekirman usai pelaksanaan shalat Idul Adha di Komplek Masjid Agung mengucap rasa kesyukuran atas nikmat kesehatan dan berkah dari Allah SWT sehingga dapat melaksanakan Sholat Idul Adha bersama-sama dengan masyarakat.

” Kami atas nama Pemerintah Daerah beserta Forkopimda menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh masyarakat. Hari ini telah menjadi sejarah untuk pertama kalinya Masjid Agung Sergai ini dengan khidmat menggelar Sholat Idul Adha, di tengah sejarah juga bagi seluruh umat manusia di seluruh dunia dengan adanya pandemi COVID-19 melaksanakan sholat Idul Adha, namun tetap menjalankan protokol kesehatan COVID-19,” ujarnya.

Sejalan dengan khutbah yang disampaikan khatib tadi, lanjut Bupati, bahwa kunci amalan di dunia termasuk qurban adalah melakukannya dengan ikhlas agar dapat diterima Allah SWT seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim.

Selain itu hendaknya pada momen Idul Adha ini semakin meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT serta kepedulian terhadap sesama manusia yang lebih sulit hidupnya. Sebab, jika jiwa sosial masyarakat semakin tinggi dengan saling membantu, maka Insha Allah yang susah akan terangkat derajatnya sehingga kesejahteraan masyarakat dapat merata.

” Insha Allah khidmat dari Idul Adha kita dapat merefleksikan tentang semangat keikhlasan dari Nabi Ibrahim AS dan anaknya Ismail AS, semoga bangsa Indonesia khususnya Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dapat meneladani peristiwa Idul Adha yang fokusnya adalah pengorbanan,” ungkap Bupati.[KM-04]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.