Penumpang Bus dan Pesawat Dominasi Pemudik Lebaran Di Sumut

KABAR MEDAN | Dinas Perhubungan Sumatera Utara memprediksi arus mudik lebaran 2014 masih didominasi oleh penumpang bus dan pesawat. Hal ini berdasarkan data pada tahun 2013 lalu, dimana  peningkatan penumpang untuk kedua moda transportasi itu merupakan yang tertinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

“Untuk penumpang bus pada tahun 2013 lalu sebanyak  639.508 orang  atau meningkat 32 persen. Sedangkan penumpang pesawat pada tahun yang sama berjumlah 395.003 orang.  Sementara untuk jumlah penumpang Kereta Api dan Kapal Laut masih berada di bawah kedua moda transportasi tadi,” jelas Kabid Perhubungan Darat Dishub Sumut, Darwin Purba, Rabu (23/7/2014).

Baca Juga:  Perpres Tentang Publisher Rights Segera Disahkan

Dikatakannya, puncak arus mudik di seluruh moda transportasi di Sumut akan terjadi pada H -2 lebaran,  atau pada Sabtu 26 Juli 2014. Hal ini dikarenakan pada saat itu perkantoran maupun instansi pemerintahan sudah memasuki masa libur lebaran.

“Kita telah memetakan lokasi jalan lintas di Sumut yang rawan longsor, seperti Tapteng, Humbang Hasundutan, Tapsel, Karo dan daerah Lintas Tengah dan Barat lainnya,” katanya.

Baca Juga:  AMSI Harapkan Perpres Publishers Rights Dorong Ekosistem Bisnis Media Jadi Lebih Baik

Ditambahkannya, untuk lokasi jalan lintas  rawan macet, dapat terjadi di Lintas Timur karena disebabkan pasar tumpah seperti di Kampung Pon dan Pasar Bengkel Perbaungan dan daerah Indra Pura.[KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.