Satu Unit Kapal Trawl Diamankan Satpol Air Polres Sergai

[Kabarmedan.com] -Satu unit kapal pukat trawl ( Hela Dasar Berpapan) diamankan Satuan Polisi Air ( Satpol Air) Polres Sergai sekitar 1 mil dari bibir Pantai Cermin, Selasa (4/2/2014) siang. Selain kapal tersebut, Satpol air juga mengamankan seorang nahkoda kapal Baharuddin alias Ayai (33) dan dua anak buah kapal ( ABK) Zulkifli (33) dan Hendra (18) yang ketiganya merupakan warga Dusun III, Desa Regemuk, Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang.

Selanjutnya, ketiga pelaku dan barang bukti kapal trawl itu pun tersebut langsung diboyong markas Komando Polisi Air Polres Sergai yang berada di Tanjung Beringin.

Nahkoda Kapal Baharuddin di Pol Air Polres mengatakan, baru setahun ini menjalankan usaha kapal dengan pukat trawl.” Saya nga tau jika alat tangkapan yang kami gunakan ini melanggar hukum. Saya baru sekali melakukan penangkapan di perairan Pantai Cermin ini dengan hasil tangkapan ikan seberat 5 kilo,” kilahnya.

Kapolres Sergai AKBP B Anies melaui Kasat Pol Air Tanjung Beringin, IPTU Afrizal saat dikonfirmasi mengatakan, tertangkapnya kapal pukat trawl tersebut berkat adanya informasi dari nelayan tradisional yang merasa resah dengan adanya kapal pukat trawl ini.

Mendapat informasi tersebut, pihaknya langsung turun kelokasi yang dimaksud dan mengamankan ketiganya. “ Saat ini bersama barang bukti kapal, alat tangkap ikan dan uang sebesar Rp 100 sudah kita amankan guna proses lebih lanjut. Sedangkan kedua ABK kita kembalikan dan Nahkodanya kita tahan ” ucapnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.