Olahraga Setelah Makan, Berapa Lama Jarak Waktu Ideal untuk Melakukannya?

(foto: istimewa)

MEDAN, KabarMedan.com | Jika Anda ingin berolahraga setelah makan, penting untuk mengetahui berapa lama jarak waktu yang ideal agar performa dan keefektivitasan manfaat olahraga tersalur baik bagi tubuh.

Pada dasarnya, tubuh sangat membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk olahraga. Dan energi tersebut berasal dari makanan maupun cadangan energi dari dalam tubuh.

Dalam hal ini, ada sebagian orang terkadang memilih makan sebelum olahraga, bahkan sebaliknya. Selanjutnya, ada pula yang tidak makan sebelum berolahraga dengan asumsi agar berat badan berkurang, bahkan ada yang tidak sama sekali peduli tentang ini.

Maka, berapa lama sebenarnya jarak waktu yang ideal dalam olahraga setelah makan?

Para ahli menyarankan 2-3 jam setelah makan berat untuk Anda agar dapat melakukan olahraga. Jeda waktu ini, merupakan hal yang penting untuk diperhatikan agar makanan dapat mencerna dengan baik dan keadaan perut tidak sedang penuh saat berolahraga.

Dalam mencerna makanan, waktu yang dibutuhkan sebenarnya adalah bergantung pada jumlah serta jenis makanan yang Anda konsumsi.

Ketika perut masih terasa kenyang dan penuh, lalu dipaksa untuk berolahraga dapat menyebabkan keluhan muntah, perut begah, nyeri pada perut, hingga kram otot di sekitar perut.

Maka dari itu harus memberikan jeda sesuai dengan anjuran jika ingin berolahraga setelah makan. Namun, jika Anda tak punya waktu untuk menunggu selama 2-jam, konsumsilah makanan ringan dalam porsi sedikit.

Sehingga, jeda waktu 30 menit cukup untuk Anda terapkan. Makanan ringan yang dapat Anda konsumsi seperti telur rebus, susu, yogurt,  roti, biskuit, jus, smoothie, dan buah-buahan sesuai kebutuhan tubuh dan lainnya.

Tidak disarankan berolahraga dengan keadaan perut kosong

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa saat berolahraga tubuh memerlukan energi lebih. Tentunya energi tubuh didapat dari konsumsi makanan Anda. Jika tidak ada energi, maka tubuh tidak akan mampu membakar kalori dalam jumlah banyak.

Dan jangan sampai terlupa, mengkonsumsi air putih saat berolahraga menjadi asupan yang dibutuhkan. Karena jika kekurangan mengkonsumsi air putih, Anda bisa saja mengalami dehidrasi sehingga menyebabkan kinerja olahraga menjadi buruk.

Tetap memperhatikan waktu ideal ketika Anda berolahraga setelah makan dan konsumsi makanan yang kaya akan protein serta karbohidrat. [KM-101]

 

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.