Waspadai 5 Efek Samping Dalam Berolahraga Secara Berlebihan

MEDAN, KabarMedan.com | Melatih tubuh Anda setiap hari selama 30 hingga 40 menit dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Tetapi dengan mendorong diri terlalu keras, berpikir bahwa itu dapat membantu menuai lebih banyak manfaat, namun sebaliknya hal tersebut bisa menjadi bumerang.

Berikut 5 efek samping dari olahraga berlebihan:

  1. Selalu Merasa Lelah

Overtraining (latihan berlebihan) tidak hanya menurunkan peforma tetapi juga bisa membuat Anda merasa lelah sepanjang waktu. Bahkan jika Anda tidur nyenyak selama 7-8 jam di malam hari dan sarapan sehat, tetap akan merasa lelah. Perlu memahami keterbatasan dan memberikan waktu yang cukup bagi tubuh Anda di antara sesi untuk beristirahat. Terlalu banyak latihan yang intens, memaksa tubuh Anda untuk melepaskan hormon stres, yang seiring waktu dapat membuat Anda merasa lelah.

  1. Kesehatan Mental yang Buruk

Berolahraga meningkatkan suasana hati dalam memicu pelepasan dopanim-hormon ‘merasa baik’. Tetapi overtraining justru sebaliknya. Ini meningkatkan tingkat kondisi dalam tubuh yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang parah, stres kronis, gangguan kecemasan dan depresi klinis.

  1. Tingkat Kinerja akan Menurun

Ketika memaksakan diri terlalu keras, otot akan menjadi tegang. Ini secara bertahap menurunkan tingkat kinerja di lapangan. Jika sebelumnya Anda dapat menempuh 1 km dalam 5 menit, maka overtraining dapat menigkatkan batas waktu. Ini mungkin membuat Anda sedikit frustasi, tetapi satu-satunya solusi yaitu memberi tubuh Anda dengan istirahat sesi latihan.

  1. Meningkatkan Risiko Cidera

Jika Anda merupakan seorang yang tidak terbiasa dengan latihan yang intens, maka jangan memaksakan batas diri Anda. Dengan bersikap terlalu keras pada diri sendiri, maka akan meningkatkan kemungkinan cedera, nyeri otot, ketegangan sendi, serta nyeri punggung.

  1. Kurang Tidur

Berolahraga dalam jumlah sedang membantu merilekskan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur. Namun berolahraga terlalu keras dapat membuat otot-otot akan stres dan mungkin merasa gelisah serta sulit untuk tidur. [KM-103]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.