6 Manfaat Bit Bagi Kesehatan Bayi untuk Pertumbuhannya

MEDAN, KabarMedan.com | Bit merupakan sayuran atau tanaman umbi-umbian yang paling banyak mengandung nutrisi dan mineral, dengan memiliki warna ungu tua. Jenis umbi-umbian ini bermanfaat dalam menghasilkan lebih banyak darah untuk tubuh, sehingga baik untuk penderita anemia.

Beberapa orang menggunakan warna alami sebagai pewarna dalam pembuatan kue dan roti. Selain itu, bit juga kaya akan glukosa, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti gula buatan.

Apakah bit baik untuk kesehatan bayi?

Hampir semua sayuran dapat dimasukkan ke dalam makanan, setelah bayi berusia minimal 6 bulan. Dengan mengenalkan sayuran, juga dapat memastikan bahwa anak akan menerima semua nutrisi yang penting untuk perkembangan bayi. Serta dapat memasukkan bit dalam jumlah kecil (tidak boleh lebih dari 1-2 sendok teh) ke dalam makanan bayi saat bayi berusia minimal 8-10 bulan.

Berikut penjelasan tentang nutrisi dan kesehatan bit untuk pertumbuhan bayi:

Nutrisi untuk bayi

2 bit mengandung 3,5 gram vitamin A 3,6 gram vitamin c, 33 mg Niacin, Asam Pantotenat dan jenis vitamin lainnya dalam jumlah yang hampir tidak ada. Untuk mineral bit mengandung 305 mg kalium, 77 mg kalsium, 16 mg fosfor, 38 mg Magnesium, dan 23 mg zat besi.

  1. Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Pentingnya mineral dan vitamin dalam makanan bayi tidak dapat diabaikan. Pasokan vitamin dan mineral yang baik menandai awal pertumbuhan anak yang sehat. Bit yang kaya akan mineral dan vitamin seperti zat besi, kalsium, magnesium, kalium, vitamin A, vitamin B komplekss, vitamin C, vitamin K dan vitamin E.

  1. Menurunkan Resiko Anemia

Risiko anemia tidak hanya ada pada wanita tetapi juga pada bayi dan anak-anak. Anemia berkembang karena kekurangan zat besi. Bit merupakan sumber zat besi yang sangat baik, terutama untuk anak-anak.

Kandungan zat besi yang tinggi dalam tubuh membantu dalam memproduksi sel darah merah, memasok oksigen ke beberapa bagian tubuh dan juga memiliki peran utama dalam perkembangan otak.

  1. Melindungi Hati

Gangguan pada hati bisa timbul pada bayi dan anak-anak. Beberapa penyakit yang paling umum termasuk penyakit kuning dan hepatitis. Penyakit kuning dapat mempengaruhi nafsu makan. Berikan tidak lebih dari 2-3 sendok teh jus bit yang dapat diberikan kepada anak dalam kondisi    tersebut.

  1. Meningkat Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Karena bit mengandung banyak kalsium, bit tersebut baik untuk meningkatkan pertumbuhan otot, tulang dan gigi pada bayi.

  1. Mencegah Peradangan

Bayi mudah terinfeksi kuman atau bakteri dalam beraktivitas. Sedangkan bit baik untuk mencegah peradangan. Mineral dan vitamin dalam bit sangat bermanfaat untuk menahan peradangan yang biasa dialami oleh bayi yang baru lahir.

  1. Meninngkatkan Aktivitas Otak

Bit meningkatkan sirkulasi darah di otak. Peningkatan aktivitas otak di tahun-tahun awal perkembangan akan menyebabkan fungsi otak optimal di tahun-tahun berikutnya. [KM-103]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.