Rekomendasi Buah untuk Naikkan Kadar Trombosit Dalam Darah

MEDAN, KabarMedan.com | Trombosit adalah salah satu jenis sel darah yang membantu proses pembekuan darah. Kadar trombosit yang rendah atau trombositopenia dapat menyebabkan pendarahan hingga menjadi tanda kondisi yang lebih serius

Penyebab penurunan kadar trombosit, seperti infeksi virus, kecanduan alkohol dalam waktu yang panjang, hingga penyakit autoimun.

Kemudian, terdapat pilihan buah untuk menaikkan trombosit. Meski tidak secara langsung menaikkan kadar trombosit (keeping darah/platelet), ada buah-buah tertentu yang dapat membantu produksi sel darah.

Berikut ini beberapa buah yang direkomendasikan untuk meningkatkan kadar trombosit:

  1. Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang kaya akan vitamin C, kandungan vitamin C dalam jambu biji inilah yang dapat membantu memaksimalkan kerja trombosit dan membantu penyerapan zat besi.

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Medical Journal of Lampung University menyatakan bahwa jambu atau Psidium guajava mengandung vitamin C, tannin dan flavoid yang mampu meningkatkan sistem imun, menghambat replikasi virus dengue, serta meningkatkan kadar trombosit.

  1. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk dapat membantu menaikkan kadar trombosit. Selain vitamin C, jeruk  juga mengandung folat. Kekurangan jumlah folat dalam tubuh bisa memicu penurunan kadar trombosit. Untuk itu, tidak ada salahnya menajdikan jarak sebagai cemilan sehat di sore hari agar trombosit tetap stabil.

  1. Alpukat

Alpukat memiliki ragam kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, termasuk vitamin K.  vitamin K tersebut diketahui berperan penting dalam proses pembekuan darah.

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa konsumsi vitamin K dapat meningkatkan kadar trombosit dan mengatasi pendarahan.

  1. Kurma

Kurma menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi dan gak gizi yang cukup lengkap. Salah satunya yakni vitamin K. vitamin ini sangat penting untuk proses pembekuan darah, kesehatan tulang dan tentunya menaikkan trombosit.

  1. Buah Beri

Buah beri buah yang sejenis dengan strawberry, rasberi, blueberry dan black chokeberry memiliki sumber vitamin C.

Buah beri merupakan buah yang sangat bagus untuk pemulihan beragam penyakit karena kandungan antioksidannya yang kaya.

Salah satu fungsi buah beri adalah membantu meningkatkan jumlah trombosit dengan menyumbangkan vitamin C untuk memaksimalkan kerja trombosit dan membantu penyerapan zat besi.

6. Delima

Kandungan vitamin C dan folat pada delima memiliki peran untuk pembekuan sel darah dalam tubuh. Buah ini mampu membantu untuk menaikkan kadar trombosit.

Selain itu, buah delima juga dikenal dengan manfaat lainnya. Yakni mulai dari menurukan risiko gangguan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi hingga mencegah penyakit kanker prostat.

Catatan

Akan tetapi, hal ini belum tentu bisa menjadi cara utama. Sebab, jika gejala trombosit rendah mulai tampak, seperti sakit kepala, mudah memar, sering mimisan, bahkan pendarahan yang tak kunjung berhenti. Anda harus segera memriksakannya ke dokter. [KM-103]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.