Simak Makanan Penyebab Pengentalan Darah yang Harus Dihindari

MEDAN, KabarMedan.com | Pengentalan darah dapat terjadi pada seseorang ketika kondisi darahnya menjadi lebih kental daripada biasanya. Kondisi tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor.

Dalam kondisi normal, darah bisa membeku saat tubuh mengalami luka terbuka. Namun seseorang bisa mengalami proses pembekuan darah meski tidak mendapatkan luka terbuka sekalipun.

Karena itulah, pengentalan darah dapat disebut sebagai sebuah gangguan atau kelainan proses pembekuan darah yang mana harus ditangani secara khusus. Kondisi tersebut jika dibiarkan bisa menyebabkan penyakit kronis, seperti gangguan jantung dan stroke.

Guna menghindari kemungkinan mengidap kondisi kelainan tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan tidak mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan pengentalan darah. Adapun jenis nya sebagai berikut:

  1. Makanan Olahan

Jenis makanan yang bisa menyebabkan darah mengental adalah jenis makanan olahan atau siap saji. Meski biasanya makanan tersebut mengandung nutrisi dan serat, jumlah tersebut masih kalah dengan komposisi lemak yang banyak di dalamnya.

Jika mengonsumsi makanan olahan dilakukan dalam intensitas yang sering, maka risiko terkena penyakit kolesterol serta penyumbatan pembuluh darah juga bisa meningkat.

Makanan olahan seperti sosis, makanan yang diawetkan dalam kaleng dan jenis makanan siap saji lainnya yang tidak jarang ditambahkan perasa yang menyebabkan darah mengental.

  1. Makanan dengan Kadar Gula yang Tinggi

Sebaiknya mencegah atau menurunkan konsumsi minuman manis dan makanan yang mengandung pemanis tambahan. Ganti gula pasir dengan jenis gula alami, seperti gula aren bubuk atau gula jagung.

  1. Alkohol dan Kurang Minum

Konsumsi alkohol dengan intensitas tinggi juga menjadi salah satu penyebab darah menjadi kental. Jika hal ini terjadi, perlu segera menghentikan kebiasaan tersebut. Serta memperbanyak minum air putih setiap harinya.

  1. Makanan Fermentasi

Makanan yang diproses dengan cara di fermentasi juga jadi salah satu jenis makanan penyebab pengentalan darah yang harus dihindari. Selain itu, jenis makanan yang mengandung MSG atau penyedap rasa juga sebisa mungkkin dihindari oleh penderita darah kental.

Agar darah dalam tubuh tidak mudah mengental, sebaiknya mulai mengonsumsi jenis makanan yang tidak menyebabkan hal tersebut atau bahkan dapat memulihkan kondisi. [KM-103]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.