Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Asam Urat

MEDAN, KabarMedan.com | Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan seseorang mengalami rasa nyeri, pembengkakan yang tiba-tiba dan cukup menyakitkan. Serangan asam urat bisa terjadi di jempol kaki, jari tangan, pergelangan, lutut dan tumit.

Serangan ini salah satunya dipicu oleh makanan tinggi purin atau hasil metabolisme protein yang membentuk kristal asam urat dan membentuk pada sendi. Untungnya, asam urat bisa dikontrol dengan obat-obatan dan gaya hidup termasuk memperhatikan pilihan sayuran yang dikonsumsi.

Purin yang tinggi dalam tubuh merupakan salah satu pemicu adanya penumpukan asam urat pada sendi. Meski sebenarnya kebanyakan sayuran memiliki purin yang rendah, beberapa sayuran rupanya mengandung purin dalam jumlah sedang, dan perlu dihindari bagi mereka yang memiliki asam urat.

Menurut American Academy of Family Physicians, beberapa sayuran yang tinggi purin adalah asparagus, bayam dan bunga kol. Ini tidak berarti penderita asam urat harus menghindari sayuran ini sama sekali, hanya saja lebih baik dihindari.

Sementara itu, sayuran yang dimasak dalam produk hewani mungkin memiliki kandungan purin yang lebih tinggi sehingga menyebabkan lebih banyak asam urat dalam tubuh. Jadi, hindari untuk memakan sayuran dalam olahan seperti mentega tinggi lemak, lemak babi, lemak, saus dan saus ikan.

Jika kentang tumbuk merupakan diet penurunan asam urat yang baik, tidak halnya dengan kentang yang diolah dengan saus. Jika Anda menderita asam urat, bumbui sayuran dengan bumbu seperti rempah-rempah.

Selain sayuran, penderita asam urat juga harus menghindari makanan-makanan yang mengandung purin lebih dari 200 mg/100 gr berikut:

1. Semua jenis jeroan termasuk hati, ginjal dan otak
2. Hewan buruan seperti Burung Pegar, daging sapi muda dan daging rusa.
3. Ikan seperti Herring, trout, mackerel, tuna, sarden, teri dan haddock.
4. Minuman manis terutama jus buah dan soda.
5. Gula tambahan, madu, nektar, sirup jagung fruktosa tinggi.
6. Karbohidrat olahan seperti roti non gandum dan kue.

Sementara itu, makanan yang dianjurkan untuk dimakan selama sedang dalam tahap mengurangi asam urat adalah makanan dengan kandungan purin kurang dari 100 mg/100 gram beberapa di antaranya adalah:

1. Semua buah-buahan baik untuk asam urat, kecuali yang disebutkan diatas. Ceri bahkan dapat membantu pencegahan serangan akibat asam urat.
2. Semua jenis sayuran, termasuk kentang, kacang polong, terong dan sayuran berdaun hijau tua aman untuk dikonsumsi.
3. Semua kacang-kacangan termasuk lentil, kacang-kacangan, kedelai dan tahu.
4. Biji-bijian utuh termasuk gandum, beras merah dan barley.
5. Susu, terutama pada produk susu rendah lemak.
6. Telur, rempah-rempah. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.