Gandeng AWS, Telkomsel Ajak UKM Sumut Menghadapi Era 4.0

MEDAN, KabarMedan.com | Telkomsel bekerjasama dengan Amazon Web Service (AWS) menggelar seminar tantangan berwirausaha di era digital dengan tema “Bagaimana Bisnis Bertahan di Era Digital”, Selasa (26/11).

Kegiatan yang digelar di Graha Merah Putih Medan, Jalan Putri Hijau ini menghadirkan pembicara Teritoty Lead Amazon Anthony Amni, Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dan Vice President Sales and Marketing Area Sumatera Erwin Tanjung. Para peserta kegiatan merupakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang ada di Sumatera Utara.

Direktur Sales Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan, perkembangan teknologi komunikasi begitu pesat dan telah memasuki era 4.0 atau digitalisasi. Beragam pelayanan dan hiburan mulai teralihkan ke dunia digital, termasuk juga lifestyle masyarakat yang sudah mengarah pada digital lifestyle.

“Telkomsel memfasillitasi kegiatan ini dalam rangka berbagi pengalaman kepada pelaku usaha untuk memperkuatan ekosistem digital agar tidak terdistrupsi. Telkomsel telah mempersiapkan ekosistem digital untuk memperluas layanan kepada pelanggan, baik perorangan maupun corporate dalam menghadapi era 4.0,” katanya.

Ia menjelaskan, Telkomsel sangat menyadari pentingnya berbagi pengalaman dengan pelaku UKM untuk mempersiapkan kematangan dalam persaingan era digital, sehingga kegiatan lliterasi digital menjadi bagian agenda kerja penting untuk mendukung program pemerintah menuju industri 4.0.

“Dengan jaringan Telkomsel pelaku UKM dapat mudah terhubung dengan pelaku UKM daerah-daerah Iain, atau memperluas jangkauan komsumennya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, hal yang penting untuk menguatkan dunia digital adalah keberadaan perangkat pendukung, seperti cloud dan aplikasi tambahan lainnya.

Kebutuhan tersebut harus dipilih menggunakan bidang layanan jasa yang telah berpengalaman. Sebab tidak sedikit yang menyalahgunakan teknologi digital.

“AWS telah cukup berpengalaman dalam melayani pelanggannya menghadapi dunia digital melalui cloud computing atau cloud platform yang dimiliki. Dengan pengenalan manfaat dan fungsi-fungsi cloud dalam bagi pelaku UKM di Sumatera Utara, diharapkan akan semakin menggairahkan pelaku UKM dalam menghadapi era 4.0 ini,” jelasnya.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengatakan, era revolusi industri 4.0 yang serba digital saat ini, para pelaku usaha khususnya harus siap dengan segala konsekuensi perubahan. Untuk bisa bersaing, diperlukan inovasi dan kreativitas serta jeli melihat peluang.

Ia mengatakan, persaingan dunia usaha semakin ketat. Sebab, sejak saat ini hingga masa mendatang kecepatan melayani pelanggan menjadi satu dari sekian indikator dalam meningkatkan peluang usaha.

Untuk itu, Ijeck berpesan agar seluruh pelaku usaha, UKM dan Startup khususnya kalangan muda bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), menghadapi era digital. Sebagai pendukungnya yakni komitmen dan kerja pemerintah membangun sarana seperti infrastruktur dan pelayanan berbasis daring.

“Kami menilai bahwa Telkomsel juga sudah memfasilitasinya. Karena itu juga kami berharap Telkomsel bisa membantu memajukan wisata Sumut, khususnya Danau Toba. Karena itu menjadi super prioritas oleh Bapak Presiden,” pungkasnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.