Libur Imlek, ASN dan Keluarganya Dilarang Keluar Daerah

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah.

MEDAN, KabarMedan.com | Aparatur Sipil Negara dan keluarganya dilarang keluar daerah selama liburan imlek. Hal tersebut tertuang dalam surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 4 tahun 2021 tanggal 9 Februari 2021.

Di dalam surat edaran tersebut, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melarang ASN dan keluarganya untuk tidak liburan keluar daerah selama libur Imlek 2572 hingga Minggu (14/2/2021) mendatang.

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah mengatakan, larangan dalam surat bernomor 800/6578/BKD/V/2021 itu juga sudah disampaikan Gubernur kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Sumut untuk penerapannya.

Hal tersebut, menurutunya dilakukan dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 yang berpotensi meningkat dikarenakan perjalanan dan untuk mendukung pelaksanaan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Bila seandainya ASN dalam keadaan terpaksa harus melakukan kegiatan keluar daerah pada periode tersebut, maka harus mendapatkan izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian di lingkungan instansinya,” Aris, Sabtu (13/2/2021).

Aris menambahkan, harus juga memperhatikan peta zonasi resiko penyebaran COVID-19 yang ditetapkan, peraturan Pemda asal dan tujuan mengenai pembatasan keluar masuk, protokol perjalan yang sudah ditetapkan Kemenhub dan Satgas COVID-19 dan Protokol Kesehatan yang ditetapkan Kemenkes.

“Dalam menerapkan hal tersebut, ASN agar menjadi contoh dan mengajak keluarga dan masyarakat di tempat tinggalnya,” ujarnya.

Sebab, apabila terdapat ASN yang melakukan pelanggaran, maka akan diberikan hukuman disiplin sesuai peraturan pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja.

“Pelaksanaannya agar dilaporkan kepada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumut paling lama Senin (15/2/2021) mendatang,” ujarnya [KM-05]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.
KabarMedan.com adalah media digital independen terintegrasi terkemuka di Kota Medan yang merupakan Kota terbesar ke-3 di Indonesia, dan diakses oleh rata-rata 100.000++ visitor perhari dengan jumlah tampilan laman perhari rata-rata 1,6 juta pageviews. KabarMedan.com juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai media terverifikasi dari Dewan Pers Indonesia, sehingga layak dipercaya oleh publik dan memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai sumber informasi. Untuk pemasangan iklan/advertorial/media partner silahkan menghubungi kami via WhatsApp 0819613506 pada jam kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 17.00 WIB.